Repository Universitas Andalas

ANALISA PENGARUH ARUS LALU LINTAS TERHADAP EMISI GAS CO KENDARAAN BERMOTOR ( Studi Kasus : Jalan Pemuda Kota Padang)

ARAFAT, ARAFAT (2010) ANALISA PENGARUH ARUS LALU LINTAS TERHADAP EMISI GAS CO KENDARAAN BERMOTOR ( Studi Kasus : Jalan Pemuda Kota Padang). Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (ANALISA PENGARUH ARUS LALU LINTAS TERHADAP EMISI GAS CO KENDARAAN BERMOTOR ( Studi Kasus : Jalan Pemuda Kota Padang) ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (33Kb) | Preview

Abstract

Pemanasan global adalah semakin meninkatnya suhu bumi diakibatkan oleh pencemaran udara. Salah satu penyumbang pencemar udara adalah alat tranportsi, dari alat tranportasi persentase gas karbon monoksida (CO) sebesar 70% sebagai penyumbang pencemar udara juga merusak kesehatan berupa keracunan bila berada diatas batas baku mutu udara ambient. Survey dilakukan di jalan pemuda kota Padang pada saat hari cerah. Suevey lalu lintas dengan interval 15 menit selama 07.00-18.00 WIB, kemudian di konfersikan kesatuan Jam. Data kecepatan kendaraan diambil menggunakan alat Speed Gun. Pengambilan kadar Gas Karbon Monoksida (CO) lansung dilakukan di lokasi survaey dengan alat Inpinger, kemudian diolah di laboratorium untuk mendapatkan konsentrasi gas Karbon Monoksidanya. Volume lalu-lintas berbanding lurus terhada konsentrasi gas Karbon Monoksida( CO) yang ditunjukkan dari persamaan regresi linier Y=11,34 + 0,05X dengan R2 = 0,302 yang artinya denagan pertambahan satu kendaraan bermotor akan bertambahnya konsentrasi gas Karbon Monoksida (CO) di udara. Distribusi volume lalu-lintas yang paling dominan adalah sepeda motor yang berkisar antara 32%-50% pada interval waktu survey. Sedangkan kecepatan lalu-lintas berbanding terbalik dengan konsentrasi gas Karbon Monoksida (CO) yang tunjukkan persamaan regresi linier Y=147,8 + (-0,970)Z dengan R2 = 0,047 yang berarti dengan bertambahnya kecepatan akan lebih kecil konsentrasi gas Karbon Monoksida (CO) yang dihasilkan kendaraan bermotor. Dapat dibandingkan pada pukul 08.00-09.00 WIB dengan volume 1973kend/jam dan interval kecepatan 26-40 Km/jam dan pada pukul 17.00-18.00 WIB dengan volume 1984 kend/jam dan interval kecepatan 21-27 Km/jam. Perbandingan ini menghasil konsentrasi gas Karbon Monoksida 97,56 µg/Nm3 dan 121.3 µg/Nm3.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 25 Jan 2012 23:28
Last Modified: 25 Jan 2012 23:28
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17385

Actions (login required)

View Item View Item