Repository Universitas Andalas

PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TUMBUH TERHADAP PERKECAMBAHAN BENIH DAN PERTUMBUHAN BIBIT ANDALAS (Morus macroura Miq.)

ANISA, SARTIKA (2010) PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TUMBUH TERHADAP PERKECAMBAHAN BENIH DAN PERTUMBUHAN BIBIT ANDALAS (Morus macroura Miq.). Other thesis, Fakultas Pertanian.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TUMBUH TERHADAP PERKECAMBAHAN BENIH DAN PERTUMBUHAN BIBIT ANDALAS (Morus macroura Miq.) ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (129Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang pengaruh komposisi media tumbuh terhadap perkecambahan benih dan pertumbuhan bibit tanaman andalas (Morus macroura Miq.) telah dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Benih Fakultas Pertanian Universitas Andalas dan di Rumah Kawat Fakultas Pertanian Universitas Andalas dari bulan April sampai Agustus 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan media tumbuh yang terbaik dalam persemaian benih dan pembibitan tanaman andalas. Rancangan yang digunakan dalam percobaan ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 tahap percobaan dimana percobaan tahap 1 dengan 4 taraf perlakuan dan 4 ulangan dan pada percobaan tahap 2 dengan 5 taraf perlakuan dan 4 ulangan dengan perlakuan berbagai komposisi media tumbuh. Data hasil pengamatan dianalisis dengan menggunakan uji F. Jika F hitung perlakuan lebih besar dari F tabel 5% maka dilanjutkan dengan Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Hasil yang didapat dari percobaan ini adalah media persemaian benih andalas yang terbaik yaitu komposisi media tanah : pasir (2:1), terlihat pada persentase benih yang berkecambah yaitu 77,75% dan waktu berkecambah 50% yaitu pada hari ke-18. Media tumbuh terbaik pada pertumbuhan bibit tanaman andalas yaitu komposisi tanah : pupuk kandang ayam (2:1), terlihat pada tinggi rata-rata bibit 30,72 cm, jumlah daun rata-rata 13 helai, panjang akar tunggang rata-rata 32,15 cm, bibit siap salur mecapai 90%, bobot segar bibit 9,6 g, bobot kering bibit 1,95 g dan nisbah batang dan akarnya 5,25.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Agronomy
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 25 Jan 2012 23:26
Last Modified: 25 Jan 2012 23:26
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17401

Actions (login required)

View Item View Item