Repository Universitas Andalas

PENERAPAN TEKNIK PENCARIAN BENTUK PADA PERANCANGAN STRUKTUR AKIBAT PENGARUH BEBAN VERTIKAL

RUZAMAL, MHD. KAMAL (2010) PENERAPAN TEKNIK PENCARIAN BENTUK PADA PERANCANGAN STRUKTUR AKIBAT PENGARUH BEBAN VERTIKAL. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN TEKNIK PENCARIAN BENTUK PADA PERANCANGAN STRUKTUR AKIBAT PENGARUH BEBAN VERTIKAL) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (452Kb) | Preview

Abstract

Struktur ruang merupakan struktur yang disusun oleh kumpulan batang yang terhubung secara kaku satu sama lainnya. Dewasa ini penggunaan struktur tersebut berkembang dengan cukup pesat seperti untuk hall, stadion, gedung opera dll. Alasan utamanya adalah karena struktur ruang mampu menyediakan tempat yang luas yang mampu menampung banyak orang tanpa harus menggunakan tiang-tiang penyangga struktur. Dalam perancangannya para desainer berupaya meminimalkan pengaruh momen lentur untuk menghindari terjadinya kegagalan buckling pada struktur tersebut. Cara yang paling praktis adalah dengan menambah batang pengaku pada struktur atau dengan memperbesar penampang batang, akan tetapi hal ini dapat menambah biaya konstruksi sehingga menjadi tidak ekonomis. Salah satu alternatif yang dapat digunakan tanpa menambah biaya konstruksi adalah proses perancangan dengan melibatkan teknik pencarian bentuk. Alternatif ini akan memodifikasi bentuk awal struktur menuju bentuk yang memiliki tegangan kritis paling minimum. Pada tugas akhir ini tiga buah bentuk awal, dari struktur ruang sederhana diperkenalkan untuk kemudian diterapkan teknik pencarian bentuk. Proses pencarian bentuk dibatasi oleh target fungsi yang diberikan seperti minimalisasi tegangan lentur. Proses perubahan bentuk akan berlangsung secara iterasi sampai kondisi konvergen tercapai dimana tidak terjadi lagi perubahan tegangan lentur. Keefektifan teknik ini akan dibuktikan melalui analisis kekuatan buckling antara bentuk awal struktur dan bentuk yang telah dioptimasi.Hasil penelitian menunjukkan kecendrungan ketiga model awal yaitu ellip, segitiga dan arch lingkaran yang diberikan berubah bentuk menjadi bentuk mendekati bentuk arch lingkaran. Perubahan ini meningkatkan kekuatan buckling dari ketiga model menjadi 312 kN. Dimana kekuatan buckling awal untuk arch lingkaran adalah 242 kN, bentuk ellips 72 kN dan segitiga 41 kN.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 25 Jan 2012 23:26
Last Modified: 25 Jan 2012 23:26
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17405

Actions (login required)

View Item View Item