Repository Universitas Andalas

PENGARUH PARAMETER PROSES TERHADAP KUALITAS GEOMETRIK HASIL PEMBUBUTAN POROS IDLER DENGAN PENDEKATAN TAGUCHI

HIDAYAT, METRI (2011) PENGARUH PARAMETER PROSES TERHADAP KUALITAS GEOMETRIK HASIL PEMBUBUTAN POROS IDLER DENGAN PENDEKATAN TAGUCHI. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PARAMETER PROSES TERHADAP KUALITAS GEOMETRIK HASIL PEMBUBUTAN POROS IDLER DENGAN PENDEKATAN TAGUCHI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (57Kb) | Preview

Abstract

Produk hasil proses produksi yang baik adalah produk yang sesuai dengan kualitas geometrik yang yang didinginkan. Industri Kecil Menengah (IKM) yang ada di Sumatera Barat yang memasok komponen mesin seperti poros idler ini, belum sepenuhnya mempunyai kualitas yang diinginkan. Oleh karena itu, diperlukan parameter pemesinan yang optimal dalam membuat suatu komponen tersebut. Untuk mendapatkan parameter pemesinan yang optimal, metode yang digunakan untuk mengkombinasikan parameter tersebut adalah metode taguchi. Metode taguchi merupakan metodologi dalam bidang teknik yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas produk dan proses serta dalam dapat menekan biaya dan resources seminimal mungkin. Metode ini memberikan sebuah jalan bagi seorang designer untuk tidak perlu melakukan eksperimen dalam jumlah yang sangat banyak dalam menemukan sebuah kombinasi antara parameter mesin. Dalam pembuatan poros idler ini, parameter pemesinan yang akan dikombinasikan adalah kecepatan potong (Vc), gerak makan (f), dan kedalaman potong (a). Langkah yang dilakukan adalah mengidentifikasi faktor – faktor yang berpengaruh mengkombinasikan faktor – faktor tersebut, melakukan pengujian kebulatan, menganalisis dengan uji ANOVA, penentuan kombinasi level optimum, dan menentukan parameter yang paling berpengaruh. Dari hasil analisis, didapat parameter pemesinan yang optimal dan urutan parameter yang memiliki kontribusi terbesar hingga terkecil untuk mendapatkan kualitas geometrik yang baik adalah kecepatan potong, kedalaman potong dan yang terakhir adalah gerak makan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 25 Jan 2012 23:22
Last Modified: 25 Jan 2012 23:22
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17437

Actions (login required)

View Item View Item