Repository Universitas Andalas

MONITORING PETUGAS LAPANGAN UNTUK DISASTER MANAGEMENT SYSTEM KOTA BUKITTINGGI BERBASISKAN WEBGIS DAN GPS

ANNUR, GENI (2011) MONITORING PETUGAS LAPANGAN UNTUK DISASTER MANAGEMENT SYSTEM KOTA BUKITTINGGI BERBASISKAN WEBGIS DAN GPS. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (MONITORING PETUGAS LAPANGAN UNTUK DISASTER MANAGEMENT SYSTEM KOTA BUKITTINGGI BERBASISKAN WEBGIS DAN GPS) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (49Kb) | Preview

Abstract

Pengembangan dan ketersediaan sistem pencarian yang sesuai dan efisien merupakan suatu tantangan dalam bidang database dan sistem informasi, terutama dalam memonitor petugas lapangan untuk disaster managemen system dimana sistem pencarian memiliki peranan yang penting. Laporan ini mengungkapkan apa yang telah dibuat dalam menyelesaikan tantangan ini. Fungsi WebGIS monitoring telah diimplementasikan dalam Tugas Akhir dengan menggunakan perangkat lunak MapServer, OpenLayers, dan PostGIS. MapServer digunakan sebagai server map, OpenLayers digunakan sebagai visualisasi peta, dan PostGIS digunakan sebagai database spasial sistem. Metoda pengembangan perangkat lunak waterfall telah digunakan dalam pembuatan program fungsi WebGIS monitoring ini. Hal pertama yang dilakukan adalah analisa kebutuhan petugas lapangan penanganan bencana kota Bukittinggi. Hasil analisa kebutuhan dinyatakan sebagai query – query. Setelah didapatkan query, kemudian dirancang GUI (Graphical User Interface) pada WebGIS. Proses selanjutnya adalah mengimplementasikan query – query pada PostGIS dan MapServer menggunakan visualisasi OpenLayers. Kemudian dilakukan pengujian sistem dengan program dan Mapinfo dengan metoda blackbox test. Hasil yang diperoleh menggunakan program dengan implementasi di lapangan adalah sama. Ini menunjukkan bahwa fungsi WebGIS monitoring yang dibangun telah berjalan sesuai dengan kebutuhan petugas lapangan penanganan bencana kota Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 25 Jan 2012 09:10
Last Modified: 25 Jan 2012 09:10
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17509

Actions (login required)

View Item View Item