Repository Universitas Andalas

PENGUJIAN BEBERAPA KONSENTRASI EKSTRAK SPON LAUT Stylissa carteri UNTUK PENGENDALIAN PENYAKIT LAYU BAKTERI (Ralstonia solanacearum RAS 4) TANAMAN JAHE (Zingiber officinale)

AISYAH, NUR (2010) PENGUJIAN BEBERAPA KONSENTRASI EKSTRAK SPON LAUT Stylissa carteri UNTUK PENGENDALIAN PENYAKIT LAYU BAKTERI (Ralstonia solanacearum RAS 4) TANAMAN JAHE (Zingiber officinale). Other thesis, Fakultas Pertanian.

[img]
Preview
PDF (PENGUJIAN BEBERAPA KONSENTRASI EKSTRAK SPON LAUT Stylissa carteri UNTUK PENGENDALIAN PENYAKIT LAYU BAKTERI (Ralstonia solanacearum RAS 4) TANAMAN JAHE (Zingiber officinale)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (140Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang pengujian ekstrak spon laut Stylissa carteri untuk pengendalian penyakit layu bakteri (Ralstonia solanacearum ras 4) tanaman jahe (Zingiber officinale) yang dilaksanakan di Laboratorium Mikrobiologi Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan dan Rumah kaca semi kawat Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang dari bulan Juni sampai Oktober 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan konsentrasi ekstrak spon laut S. carteri yang efektif dalam mengendalikan penyakit layu bakteri pada tanaman jahe. Penelitian dilaksanakan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dengan 3 ulangan. Sebagai perlakuannya terdiri dari beberapa konsentrasi ekstrak spon laut S. Carteri yaitu 5%, 3% dan 1%, sebagai pembanding digunakan kontrol positif (bakterisida) dan kontrol negatif. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji F dan dilanjutkan dengan Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5 %. Parameter yang diamati adalah pengukuran zona hambatan pertumbuhan patogen Rs ras 4, perkembangan penyakit layu bakteri yang meliputi saat muncul gejala pertama, persentase daun terserang, intensitas daun terserang dan kolonisasi akar yang telah diinokulasi Rs ras 4. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi ekstrak spon laut S. carteri 5% lebih efektif menekan perkembangan penyakit layu bakteri (Ralstonia solanacearum ras 4) dengan efektivitas saat munculnya gejala pertama (47,6%), persentase daun terserang (39%) dan intensitas serangan (46%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Hama dan Penyakit Tanaman
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 20 Jan 2012 15:10
Last Modified: 20 Jan 2012 15:10
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17616

Actions (login required)

View Item View Item