Repository Universitas Andalas

Penyusunan Program Excell untuk Perancangan Rodagigi Lurus dan Rodagigi Miring Berdasarkan Metode Niemann (Contoh Kasus : Rodagigi Lurus Suzuki Deluxe Real Van 1.5 dan Rodagigi Miring Marine Turbine)

Mulyadi, Roni (2010) Penyusunan Program Excell untuk Perancangan Rodagigi Lurus dan Rodagigi Miring Berdasarkan Metode Niemann (Contoh Kasus : Rodagigi Lurus Suzuki Deluxe Real Van 1.5 dan Rodagigi Miring Marine Turbine). Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (Penyusunan Program Excell untuk Perancangan Rodagigi Lurus dan Rodagigi Miring Berdasarkan Metode Niemann (Contoh Kasus : Rodagigi Lurus Suzuki Deluxe Real Van 1.5 dan Rodagigi Miring Marine Turbine) ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (344Kb) | Preview

Abstract

Rodagigi adalah alat pentransmisi daya dan pengubah tingkat putaran poros pada mesin, seperti mobil, mesin-mesin pertanian, mesin-mesin industri, mesin perkakas, mesin oli, gear box, gear motor, dan lain-lain. Rodagigi memindahkan daya melalui kontak gigi-gigi dari gear kepada gigi-gigi pada pinion. Kontak terjadi pada pitch line dan diteruskan dengan aksi rolling dan sliding pada addendum dan dedendum sehingga membentuk putaran tegangan berfluktuasi yang menyebabkan failure pada rodagigi. Failure pada rodagigi juga disebabkan error dalam perancangan. Dari penelitian ini dihasilkan perancangan praktis rodagigi lurus dan miring dengan menggunakan program Microsoft Excel berdasarkan persamaan-persamaan perancangan yang diberikan Gustave Niemann. Melalui perancangan praktis ini, proses perancangan menjadi mudah dan akurat karena pengguna hanya meng-input-kan data perancangan kemudian dilakukan penghitungan oleh Excel. Perancangannya juga efisien karena program Excel tersedia pada setiap PC atau Notebook. Namun, masih terdapat keterbatasan dari perancangan praktis ini. Di mana pembacaan tabel dan grafik masih dilakukan secara manual. Sebagai aplikasi dari program perancangan yang telah dibuat, dilakukan perancangan pasangan rodagigi lurus pada Suzuki Deluxe Real Van 1.5 dan pasangan rodagigi miring Marine Turbine yang melakukan penghitungan terhadap dimensi, tegangan, dan umur rodagigi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 20 Jan 2012 15:09
Last Modified: 20 Jan 2012 15:09
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17621

Actions (login required)

View Item View Item