Repository Universitas Andalas

GAMBARAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MENOPAUSI DINI TERHADAP IBU – IBU YANG TINGGAL DIKOMPLEK PERUMNAS II INDARUNG KECAMATAN LUBUK KILANGAN TAHUN 2012

MONA EMELISA, EMELISA (2012) GAMBARAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MENOPAUSI DINI TERHADAP IBU – IBU YANG TINGGAL DIKOMPLEK PERUMNAS II INDARUNG KECAMATAN LUBUK KILANGAN TAHUN 2012. Penelitian .

[img]
Preview
PDF
Download (108Kb) | Preview

Abstract

Menopause premature atau menopause dini dapat terjadi karena pengangkatan indung telur seperti kanker atau kista, penyakit auto-immune, gangguan kromoson, polusi yang disebabkan asap pabrik, asap kendaraan bahkan asap rokokpun dapat memicu menopause dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran faktor yang mempengaruhi menopause dini. Penelitian ini bersifat deskriptif yang dilakukan di Komplek Perumnas II Indarung. Penelitian dilakukan dari bulan Maret - Juli 2012. Populasi pada penelitian ini adalah ibu – ibu yang telah menopause dini berjumlah 33 orang. Semua popuasi dijadikan sebagai subjek penelitian dengan kriteria ibu yang berusia > 45 tahun dan mempunyai anak. Sampel pada penelitian ini adalah ibu – ibu yang menopause dini yang berjumlah 33 orang dan ibu yang telah sesuai dengan criteria sampel. Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar ibu yang menopause dini mengalami tingkat menarche terlambat, lebih dari separoh menopause dini mempunyai usia melahirkan sesuai. Semua ibu – ibu yang menopause menggunakan alat kontrasepsi hormonal dan sebagian kecil ibu yang menopause dini mempunyai riwayat penyakit kelainan system reproduksi hormonal. Dapat disimpulkan bahwa kejadian menopause dini pada ibu – ibu yang tinggal di Komplek Perumnas II Indarung dipengaruhi oleh tingkat menarche, usia melahirkan, kontrasepsi, dan riwayat penyakit kelainan system reproduksi. Saran bagi petugas kesehatan khususnya petugas puskesmas diharapkan agar memberikan penyuluhan dan pengetahuan tentang menopause dini, mengetahui penyebab lain akibat menopause dini dan bagi peneliti selanjutnya agar dapat melanjutkan penelitian lebih lanjut tentang faktor yang mempengaruhi menopause dini. Kata kunci : Menopause dini, menarche, melahirkan, kontrasepsi, penyakit kelainan sistem reproduksi.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Deka Putri Naryanti SIP
Date Deposited: 11 Sep 2012 12:31
Last Modified: 11 Sep 2012 12:31
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17861

Actions (login required)

View Item View Item