FERAWATI, FERA
(2012)
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KINERJA PERAWAT DALAM PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RSI IBNU SINA PADANG TAHUN 2012.
Penelitian, Fakultas Keperawatan
.
Abstract
Pendokumentasian dalam asuhan keperawatan merupakan suatu aspek penting yang sampai saat ini perlu ditingkatkan, untuk dapat mewujudkan pendokumentasian yang bermutu diperlukan berbagai komponen yang harus dilaksanakan oleh perawat yaitu pengetahuan dari diri perawat itu sendiri, sikap peduli, hubungan perawat dengan klien dan berkolaborasi dengan teman sejawat serta disiplin dan motivasi perawat, semua itu dikatakan kecerdasan emosional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan kinerja perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan di RSI Ibnu Sina Padang tahun 2012. Jenis penelitian adalah diskriptif korelasi dengan desain penelitian cross sectional. Jumlah sampel 63 orang dengan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan secara angket dengan menggunakan kuesioner. Waktu yang digunakan untuk penelitian ini dari bulan januari 2012 sampai dengan Juni 2012. Hasil penelitian didapatkan lebih dari separuh (57,1%) kinerja dokumentasi keperawatan di RSI Ibnu Sina Padang baik sekali. Lebih dari separuh (58,7%) kecerdasan emosional di RSI Ibnu Sina Padang baik. Dari hasil uji chi squere menunjukan hubungan yang bermakna antara kecerdasan emosional dengan kinerja perawat dalam pendokuemntasian asuhan keperawatan. Dari hasil penelitian ini diperlukan adanya penyegaran secara berkala tentang cara pendokumentasian yang benar, serta perlu adanya penambahan kolom perumusan masalah pada rekam medis klien dan mempertahankan atau lebih meningkatkan tentang bimbingan kerohanian agar tetap terjaga kecerdasan emosional yang baik pada perawat.
Kata Kunci: Kinerja, Pendokumentasian, Kecerdasan Emosional.
Actions (login required)
|
View Item |