EDWIN I, IDRIS
(2012)
HUBUNGAN DIMENSI MUTU PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANGAN RAWAT INAP RSUD PARIAMAN TAHUN 2012.
Penelitian, Fakultas keperawatan
.
Abstract
Kualitas layanan yang didapat oleh Seseorang dari perawatan kesehatan di rumah sakit sangat menentukan apakah seseorang akan menggunakan rumah sakit itu lagi atau tidak. Melihat kecenderungan menurunnya tingkat BOR dan LOS telah menggambarkan bahwa mutu pelayanan di RSUD Pariaman masih tergolong rendah dan akan berdampak terhadap kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dimensi mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien di ruangan rawat inap RSUD Pariaman tahun 2012. Analisa data menggunakan uji statistik chi square (tingkat kemaknaan p < 0,05). Pengumpulan data menggunakan kuesioner dimensi mutu pelayanan dan tingkat kepuasan pasien. Jenis penelitian yaitu deskripsi analitik dengan pendekatan cross sectional study. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampel. Jumlah responden 109 orang. Hasil penelitian menunjukan dimensi mutu yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien adalah kehandalan dengan (p value 0,016) dan daya tanggap dengan (p value 0,017), sedangkan dimensi mutu yang tidak berhubungan dengan tingkat kepuasan adalah jaminan dengan (p value 0,629) empati dengan (p value 0,901) dan bukti fisik dengan (p value 0,329). Saran bagi institusi rumah sakit terhadap kehandalan dan daya tanggap hendaknya pihak rumah sakit lebih meningkatkan kemampuan perawat dalam melakukan tindakan dengan cepat dan tanggap dengan melakukan pelatihan caring dan kompetensi kepada perawat.
Kata kunci: Dimensi Mutu, Kepuasan dan Pasien
Actions (login required)
|
View Item |