Repository Universitas Andalas

PENGARUH SENAM YOGA TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA YANG MENGALAMI HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS AIR DINGIN PADANG TAHUN 2011

DEVINA, JOHAN (2011) PENGARUH SENAM YOGA TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA YANG MENGALAMI HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS AIR DINGIN PADANG TAHUN 2011. Penelitian, Fakultas Keperawatan .

[img]
Preview
PDF
Download (114Kb) | Preview

Abstract

Pengobatan hipertensi secara garis besar dibagi menjadi 2 jenis yaitu pengobatan non obat (non farmakologi) dan pengobatan dengan obat-obatan (farmakologi), yang mana disini pengobatan non farmakologi diantaranya adalah mengatasi obesitas / menurunkan kelebihan berat badan, mengurangi asupan garam dalam tubuh, ciptakan keadaan rileks (meditasi, yoga atau hipnotis), intervensi senam yoga umumnya efektif dalam mengurangi berat badan, tekanan darah, kadar glukosa dan kolesterol tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Senam Yoga Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Yang mengalami Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Air Dingin Padang. Rancangan penelitian ini adalah Quasi-eksperimen dengan pendekatan pre test post test Control group. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 responden, yang digunakan untuk membandingkan antara dua kelompok (group comparison) yaitu 18 kelompok control yang tidak diberikan senam yoga dan 18 kelompok intervensi yang diberikan senam yoga. Teknik pengumpulan data dilakukan secara langsung pada lansia . analisa yang dilakukan adalah analisa univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan 94,4% kelompok control yang mengalami hipertensi dan 22,2% pada kelompok intervensi yang mengalami hipertensi. Berdasrkan uji statistic menunjukkan nilai p= 0,000. Yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan terhadap penurunan tekanan darah pada lansia yang mengalami hipertensi. Dapat disimpulkan bahwa yoga umumnya efektif dalam menurunkan tekanan darah. Kata kunci : senam yoga dan penurunan tekanan darah.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Deka Putri Naryanti SIP
Date Deposited: 01 Oct 2012 15:12
Last Modified: 01 Oct 2012 15:12
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/18024

Actions (login required)

View Item View Item