DEWI , SYAFNIMAR
(2011)
HUBUNGAN KOMPONEN KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI
BELAJAR PADA REMAJA AWAL (12-16 tahun) DI PANTI
ASUHAN AISYIYAH CABANG AMPANG TAHUN 2011.
Penelitian, Fakultas Keperawatan
.
Abstract
Konsep diri adalah gambaran mental diri seseorang itu sendiri yang terdiri dari pengetahuan tentang dirinya sendiri, pengharapan bagi dirinya dan penilaian terhadap dirinya. Konsep diri merupakan salah satu faktor yang dapat membantu menjelaskan mengapa sejumlah remaja yang cerdas mendapat prestasi yang kurang baik di sekolahnya. Rendahnya prestasi belajar remaja di sekolah banyak disebabkan oleh persepsi dan sikap negatif siswa terhadap diri sendiri. Fenomena ini sering terjadi pada remaja yang berasal dari kelas menengah kebawah atau remaja yang tinggal di panti. Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Ampang memiliki penghuni yang sebagian besar terdiri dari remaja. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui hubungan komponen konsep diri dengan prestasi belajar remaja awal di Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Ampang. Penelitian ini bersifat korelasional dengan pendekatan Cross Sectional Study dengan 33 responden remaja awal berumur 12-16 tahun yang di dapatkan dengan teknik total sampling. Analisa data dilakukan dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan bermakna antara ideal diri dengan prestasi belajar (p=0,000), harga diri dengan prestasi belajar (p=0,023) dan identitas diri dengan prestasi belajar (p=0,002) remaja awal di Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Ampang. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan remaja awal dapat memperbaiki, meningkatkan dan memaksimalkan potensi dan kemampuan yang dimilikinya dalam hal ini adalah konsep diri yang berguna untuk mencapai prestasi yang baik. Bagi perawat khususnya perawat komunitas dapat memberikan informasi mengenai konsep diri beserta komponennya dan cara bagaimana membentuk konsep diri yang positif serta hubungannya dengan prestasi belajar seorang remaja.
Kata kunci : konsep diri, remaja, prestasi belajar
Actions (login required)
|
View Item |