Repository Universitas Andalas

HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN PASIEN DENGAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANGAN TRIASE INSTALASI GAWAT DARURAT RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2011

ELIA , ANGRAINI (2011) HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN PASIEN DENGAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANGAN TRIASE INSTALASI GAWAT DARURAT RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2011. Penelitian, Fakultas Keperawatan .

[img]
Preview
PDF
Download (249Kb) | Preview

Abstract

Kepuasan pasien merupakan indikator pertama dari standar suatu rumah sakit untuk mengukur kualitas layanan kesehatan. Pelayanan keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan dirumah sakit, kualitas pelayanan kesehatan sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan keperawatan sehingga perlu adanya perhatian mutu pelayanan keperawatan dirumah sakit tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor-faktor kepuasan pasien dengan dimensi kualitas pelayanan keperawatan di ruangan Triase Instalasi Gawat Darurat RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2011. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan desain penelitian Cross Sectional. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Agustus 2010 sampai Mei 2011. Jumlah sampel sebanyak 143 orang, metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling. Data di kumpulkan menggunakan kuesioner. Analisa data dilakukan secara univariat, bivariat dengan uji Chi Square dan multivariat dengan uji regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan dari 25 hubungan, ada hubungan yang bermakna sebanyak 21 hubungan. Dari model regresi logistik diketahui ternyata variabel yang dominan terhadap kualitas pelayanan keperawatan adalah variabel Efisiensi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan perlunya meningkatkan perhatian rumah sakit terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien dengan cara melatih perawat untuk dapat bekerja dengan efisien dalam mengatasi masalah pasien dengan cepat dan tepat, melaksanakan pelatihan teknis kepada petugas kesehatan, perawat untuk melakukan komunikasi terapeutik yaitu melayani pasien dengan ramah dan banyak senyum, melatih perawat untuk berbuat adil dalam memberikan pelayanan kepada semua pasien tanpa memandang status sosial. Kata kunci : Kepuasan pasien, kualitas pelayanan keperawatan, efisiensi.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Deka Putri Naryanti SIP
Date Deposited: 01 Oct 2012 14:44
Last Modified: 01 Oct 2012 14:44
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/18028

Actions (login required)

View Item View Item