Fetriyana, Fetriyana
(2014)
AKUNTANSI PIUTANG USAHA DENGAN MENGELOLA PIUTANG MACET PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA PAYAKUMBUH.
Other thesis, Universitas Andalas.
Abstract
4.1 Kesimpulan
Berdasarkan hasil kegiatan magang tentang piutang usaha pada PDAM Kota Payakumbuh maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. PDAM Kota Payakumbuh adalah perusahaan yang memberikan pelayanan air minum yang sehat dan berkualitas pada masyarakat.dalam penjualan air bersih ini PDAM memberikan fasilitas untuk menikmati air bersih yang telah disediakan sebelum pelanggan tersebut melakukan pembayaran dan terjadi kemacetan.
2. Proses akuntansi terhadap piutang yang dilaksanakan pada perusahaan telah sesuai dengan ketentuan yang ada pada perusahaan.
3. Perusahaan telah siap menanggung resiko kerugian karena pelanggan tidak sanggup membayar atau tidak rutin membayarnya.
4. Ketentuan membayar ditetapkan sampai tanggal 20 atau 20 hari setiap bulannya. Kalau pelanggan melampaui dari tanggal yang sudah di tentukan maka pelanggan dikenakan denda yang telah ditetapkan oleh perusahaan itu sendiri.
5. Bila pelanggan tidak bisa membayar dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan maka pemakaian air bersih akan diputuskan oleh petugas PDAM tersebut.
6. Meningkatkan peraturan pembayaran supaya tidak terjadi lagi piutang macet.
4.2 Saran
Dari uraian yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya, ditambah dengan kesimpulan maka penulis mencoba untuk memberikan saran yang dirasa perlu sebagai berikut :
3. Untuk menghindari pelanggan agar tidak menunggak pembayaran rekening air, perusahaan perlu memberikan kebijakan berupa potongan atau discount kepada pelanggan yang membayar rekening airnya lebih awal dari periode kredit yang ditetapkan.
4. Agar pelanggan tidak sering melakukan penunggakan atas rekening airnya, sebaiknya perusahaan perlu memberikan kebijakan kredit tentang pemberian denda secara bertingkat karena hal ini dirasa lebih efektif.
Actions (login required)
|
View Item |