ULIL AMRI , ULIL AMRI
(2014)
OPTIMASI BUKAAN KATUP AIR OPTIMAL PADA PROSES FLAME HARDENING UNTUK MENDAPATKAN KEKERASAN SPROCKET YANG MERATA.
Other thesis, Universitas Andalas.
Abstract
Kekuatan baja karbon biasanya seragam dari bagian permukaan sampai interiornya.
Namun untuk keperluan komponen mekanik dengan beban dinamik dan berat seperti
sprocket, diperlukan sifat yang berlawanan antara bagian permukaan dan interior
yakni keras di permukaan tetapi relatif ulet pada interiornya. Untuk mendapatkan
sifat mekanik unik tersebut maka pada material tersebut perlu dilakukan suatu
treatment tambahan, salah satunya flame hardening. Flame hardening merupakan
suatu metode pengerasan permukaan material dengan memanfaatkan nyala api oxy-
astelin atau oxy-propane lalu dilakukan pendinginan cepat pada permukaan material
tersebut dengan menggunakan media pendingin air.
Pada penelitian ini dilakukan proses pembuatan apparatus flame hardening dan
pengujian flame hardening terhadap sprocket sepeda motor komersil dengan
parameter variasi bukaan katup air dengan pemanasan selama 3 menit, kecepatan
motor dan jarak flame head dengan sprocket pada 100 rpm dan 5 mm. Kemudian
dilakukan pengujian kekerasan menggunakan Shimadzu Rockwell Hardness Tester
dan pemeriksaan strukturmikro menggunakan mikroskop optik Jenco terhadap
sprocket setelah flame hardening.
Dari hasil pengujian kekerasan yang dilakukan terhadap sprocket, proses flame
hardening telah memberikan peningkatan kekerasan yang cukup signifikan pada
batang gigi dan akar gigi sprocket. Namun, nilai yang didapatkan masih berada di
bawah kekerasan sprocket pabrikan. Hasil yang tidak jauh berbeda juga terlihat
pada pengamatan struktur mikro antara sprocket setelah flame hardening dengan
sprocket pabrikan. Hasil penelitian ini menunjukkan Flame hardening yang
dilakukan cukup sukses namun hasil yang diberikan masih sedikit di bawah nilai
sprocket pabrikan.
Kata Kunci : Flame Hardening, Struktur mikro
Actions (login required)
|
View Item |