Repository Universitas Andalas

ANALISIS UNIT COST (BIAYA SATUAN) PENYELENGGARAAN PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS DI KOTA PADANG (Studi Kasus: Puskesmas Andalas, Puskesmas Lubuk Buaya, dan Puskesmas Ambacang)

HERMAN, LISA (2014) ANALISIS UNIT COST (BIAYA SATUAN) PENYELENGGARAAN PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS DI KOTA PADANG (Studi Kasus: Puskesmas Andalas, Puskesmas Lubuk Buaya, dan Puskesmas Ambacang). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (320Kb) | Preview

Abstract

Abstrak Kesehatan merupakan investasi penting dalam suatu negara untuk menciptakan manusia yang lebih berkualitas. Untuk mendorong peningkatan kesehatan di Kota Padang, pemerintah telah menetapkan penggratisan tarif bagi masyarakat yang berobat pada Puskesmas. Namun, penggratisan tarif berhubungan langsung dengan pembiayaan Puskesmas serta mutu pelayanan y ang diberikan. Penulis meneliti tentang berapa tarif rasional yang seharusnya ditetapkan untuk satu unit Puskesmas dengan menggunakan analisis unit cost serta besarnya subsidi yang harus dikeluarkan pemerintah. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menemukan bahwa total cost rata-rata untuk satu unit Puskesmas di Kota Padang adalah Rp 2.250.060.490, sehingga unit cost yang dihasilkan adalah Rp 12.528 dengan rata-rata kunjungan yang ideal pertahunnya 114.850 kunjungan pasien per Puskesmas. Sedangkan subsidi yang harus diberikan adalah Rp 18.412.821.290 untuk seluruh Puskesmas di Kota Padang. Keywords :Total Cost, Unit Cost, Subsidi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Hafizah Faisal
Date Deposited: 12 Apr 2014 04:45
Last Modified: 12 Apr 2014 04:45
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19560

Actions (login required)

View Item View Item