Repository Universitas Andalas

PENGARUH PENAMBAHAN JAHE (Zingiber officinale Rosc) TERHADAP MUTU MINUMAN FUNGSIONAL SARI KACANG MERAH (Phaseolus vulgaris L.)

HARAHAP, HERAWATI (2014) PENGARUH PENAMBAHAN JAHE (Zingiber officinale Rosc) TERHADAP MUTU MINUMAN FUNGSIONAL SARI KACANG MERAH (Phaseolus vulgaris L.). Other thesis, FAKULTAS PETERNAKAN.

[img]
Preview
PDF
Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (185Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (118Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorium Teknologi dan Rekayasa Proses Hasil Pertanian, Laboratorium Kimia, Biokimia Hasil Pertanian dan Gizi Pangan dan Mikrobilogi dan Bioteknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas Padang dan Kopertis Wilayah X Padang, dilaksanakan dari bulan Februari sampai bulan April 2013. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penambahan jahe (Zingiber officinale Rosc) terhadap mutu minuman sari kacang merah (Vigna angularis L.) sebagai minuman fungsional. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan pada penelitian ini berupa : A (Penambahan jahe 0%), B (Penambahan jahe 1%), C (Penambahan jahe 1,5%), dan D (Penamabahan jahe 2%). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan sidik ragam, jika berbeda nyata dilanjutkan dengan uji Tukey HSD pada taraf 5%. Pengamatan dilakukan terhadap produk minuman sari kacang merah meliputi uji pH, total padatan, viscositas, kadar serat kasar,kadar abu, aktivitas aktioksidan dan lempeng total untuk semua produk, sedangkan untuk satu produk terbaik dilakukan analisa terhadap kandungan energi. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk yang paling disukai adalah perlakuan C (Penambahan jahe 1,5%) dengan nilai kesukaan warna : 3,25, aroma : 3,30, rasa : 3,45 dan penampakan : 3,15. Dengan nilai pH : 7,60, total padatan : 12,29%; viscositas 1,70 dPa.s; kadar serat kasar 0,58%; kadar abu 1,11%; aktivitas antioksidan 28,12%; lempeng total 2,3x102 CFU/ml; dan nilai energi 190kkal/100 ml. Kata kunci : Minuman fungsional, sari kacang merah, jahe

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: dhanie DR anie
Date Deposited: 20 May 2014 01:44
Last Modified: 20 May 2014 01:44
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19613

Actions (login required)

View Item View Item