Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN PENINGKATAN MODAL KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA UNIVERSITAS NEGERI PADANG (KPRI-UNP) MELALUI MODAL PINJAMAN BANK DALAM PEMBERIAN KREDIT KEPADA ANGGOTA

PUTRA, PANDU PERDANA (2014) PELAKSANAAN PENINGKATAN MODAL KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA UNIVERSITAS NEGERI PADANG (KPRI-UNP) MELALUI MODAL PINJAMAN BANK DALAM PEMBERIAN KREDIT KEPADA ANGGOTA. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (329Kb) | Preview

Abstract

PELAKSANAAN PENINGKATAN MODAL KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA UNIVERSITAS NEGERI PADANG (KPRI-UNP) MELALUI MODAL PINJAMAN BANK DALAM PEMBERIAN KREDIT KEPADA ANGGOTA (Pandu Perdana Putra, 0810112067, 105 hlm + viii, Fakultas Hukum Universitas Andalas, 2012) ABSTRAK Koperasi memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia sesuai dengan tujuan dari Koperasi yang terdapat dalam Pasal 3 UU Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian. Hal ini diwujudkan oleh Koperasi dengan cara melaksanakan kegiatan-kegiatan usaha yang memiliki nilai manfaat dan menunjang kehidupan masyarakat. Salah satu bentuk kegiatan usaha yang dilaksanakan Koperasi adalah usaha Kredit Simpan Pinjam (KSP). Akan tetapi dalam melaksanakan kegiatan usaha tersebut Koperasi terkadang mengalami kendala dalam permodalan disebabkan karena tingginya permohonan kredit dari anggota Koperasi sedangkan modal Koperasi tidak mencukupi. Hal ini lah yang terjadi pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Negeri Padang (KPRI-UNP). Namun untuk mengatasi kendala tersebut KPRI-UNP melakukan peningkatan modal Koperasi dengan mengajukan pinjaman modal kepada Bank-Bank di wilayah Sumatera Barat demi kelancaran pemberian kredit simpan pinjam kepada anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan peningkatan modal KPRI-UNP melalui modal pinjaman Bank dalam pemberian kredit kepada anggota, dan untuk mengetahui kendala serta usaha yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis serta bersifat deskriptif dengan lokasi penelitian pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Negeri Padang (KPRI-UNP). Sumber data berasal dari data primer yang terdiri dari observasi dan wawancara, serta data sekunder yang berasal dari studi kepustakaan hukum dan studi dokumentasi. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi. Kemudian data dianalisa dengan menggunakan metode kualitatif. Pelaksanaan peningkatan modal KPRI-UNP melalui modal pinjaman Bank dalam pemberian kredit kepada anggota terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: Menyusun Daftar Nominatif Kebutuhan Anggota (DNKA); Pengajuan permohonan modal pinjaman; Penyelidikan berkas-berkas pinjaman oleh Bank; Keputusan pemberian modal pinjaman; Perjanjian Penandatanganan; Realisasi pemberian modal pinjaman; dan Distribusi penyaluran kredit oleh Koperasi kepada anggota. Pada pelaksanaan peningkatan modal KPRI-UNP melalui modal pinjaman Bank dalam pemberian kredit kepada anggota tersebut terjadi beberapa kendala, yaitu kendala yang berasal dari pihak Bank dan kendala yang berasal dari pihak KPRI-UNP. Namun kendala-kendala tersebut dapat diatasi oleh KPRI-UNP sehingga pelaksanaan peningkatan modal KPRI-UNP melalui modal pinjaman Bank dalam pemberian kredit kepada anggota dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: riri rima wustari
Date Deposited: 12 Apr 2014 04:50
Last Modified: 12 Apr 2014 04:50
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19771

Actions (login required)

View Item View Item