Repository Universitas Andalas

PENYIMPANGAN PERILAKU MASYARAKAT MINANGKABAU DALAM LIRIK LAGU PADA ALBUM LAGU INDANG KARYA UJANG VIRGO (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA)

Marlina, Leni (2014) PENYIMPANGAN PERILAKU MASYARAKAT MINANGKABAU DALAM LIRIK LAGU PADA ALBUM LAGU INDANG KARYA UJANG VIRGO (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (269Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Leni Marlina (0810742014) Penyimpangan Perilaku Masyarakat Minangkabau Dalam Lirik Lagu Pada Album Lagu Indang Karya Ujang Virgo “Tinjauan Sosiologi Sastra” Penelitian ini berjudul “Penyimpangan Perilaku Masyarakat Minangkabau dalam Lirik Lagu Pada Album Lagu Indang Karya Ujang Virgo”. Kajian sosiologi sastra. Penelitian ini dilatarbelakangi atas banyaknya penyimpangan perilaku masyarakat Minangkabau yang tercermin dalam lagu Ragam Duya (RD) dan Minang Dilendo Zaman (MDZ) karya Ujang Virgo. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Pendekatan sosiologi sastra dipakai untuk melihat hubungan antara perilaku masyarakat yang tercermin dalam lagu ciptaan Ujang Virgo dengan perilaku masyarakat Minangkabau yang sesungguhnya. Langkah kerja dalam penelitian dimulai dengan mentranskrip lirik-lirik lagu tersebut dan kemudian ditranslet ke bahasa Indonesia. Setelah tahap ini peneliti kemudian melakukan analisis pada penyimpangan perilaku yang tercermin dalam lagu RD dan MDZ karya Ujang Virgo dengan menggunakan pendekatan sosilogi sastra. Langkah kerja yang terakhir adalah, menarik kesimpulan dan menyajikan data dalam bentuk bahasa tulis. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, lagu indang RD dan MDZ karya Ujang Virgo memang mencerminkan penyimpangan perilaku yang terjadi dalam masyarakat Minangkabau sekarang. Penyimpangan perilaku dalam lagu yang juga tercermin dalam realita yang sebenarnya antara lain, penyimpangan perilaku perempuan, mamak tidak menjalankan peran sebagai mamak, adat dan syarak tidak dijadikan sebagai pedoman, pengabaian terhadap rumah gadang. Kata Kunci: Lagu indang, penyimpangan perilaku, sosiologi sastra

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Minangkabau
Depositing User: riri rima wustari
Date Deposited: 14 Apr 2014 01:17
Last Modified: 14 Apr 2014 01:17
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19866

Actions (login required)

View Item View Item