Dezolla, Delsa (2014) HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN KEPUTUSAN MEMILIH BEROBAT DI POLIKLINIK AMBUN PAGI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2012. Other thesis, Universitas Andalas.
|
PDF
Download (186Kb) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nama : Delsa Dezolla Fakultas : Kesehatan Masyarakat Peminatan : Administrasi Kebijakan Kesehatan Judul : Hubungan Bauran Pemaasaran dengan Keputusan Memilih Berobat di Poliklinik Ambun Pagi RSUP DR. M. Djamil Padang Tahun 2012 Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran. Dalam dunia rumah sakit, terdapat 5 elemen bauran pemasaran yang dikenal dengan istilah 5P, yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), Promotion (Promosi), dan People (Orang). RSUP DR. M. Djamil Padang telah melakukan kegiatan pemasaran. Namun, selama tahun 2009 sampai tahun 2011 terjadi ketidakstabilan jumlah kunjungan pasien rawat jalan di Poliklinik Ambun Pagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran dengan keputusan memilih berobat di Poliklinik Ambun Pagi RSUP DR. M. Djamil Padang Tahun 2012. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Cross Sectional Study. Penelitian ini dimulai dari bulan Januari sampai September 2012 dengan jumlah populasi infinite dan besarnya sampel 108 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara Systematic Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan 52,80% responden menyatakan produk baik, 54,63% responden menyatakan harga terjangkau, 52,78% responden menyatakan tempat baik, 57,41% responden menyatakan promosi baik, dan 55,56% responden menyatakan orang baik. Sementara itu, 61,11% responden memutuskan memilih berobat ke RS. Terdapat hubungan yang signifikan antara produk, tempat, dan promosi dengan keputusan memilih berobat (nilai p<0,05) dan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara harga dan orang dengan keputusan memilih berobat (nilai p>0,05). Dalam upaya meningkatkan jumlah kunjungan pasien untuk berobat ke RS, pihak RS harus lebih terbuka lagi dalam menanggapi keluhan pasien dan meningkatkan kondisi lingkungan internal RS demi keselamatan pasiennya. Untuk menciptakan image RS yang baik di mata masyarakat, perlu adanya komunikasi yang lancar dengan masyarakat dan perlu dilakukan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas karyawan dan petugas medis RS. Daftar Bacaan : 26 (1993-2012) Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Keputusan Memilih Berobat ABSTRACT Name : Delsa Dezolla Faculty : Public Health Specialisation : Administration of Health Policy Title : The Relationship Between Marketing Mix and Purchase Decision in Ambun Pagi Polyclinic Djamil Hospital Padang in 2012 Marketing mix is a set of marketing tools used by companies to continuously achieve its marketing objectives in the target market. In the hospital’s world, there are 5 elements of the marketing mix known as 5P, namely Product, Price, Place, Promotion, and People. Djamil hospital Padang has conducted marketing activities. However, during 2009 to 2011 the number of visits instability outpatient in Ambun Pagi polyclinic. This research aimed to identify the relationship between marketing mix and purchase decision in Ambun Pagi polyclinic Djamil hospital Padang in 2012. This research is a quantitative research with Cross Sectional Study design. This research start from January to September 2012 with infinite population and size of the sample are 108 people. The sampling technique by Systematic Random Sampling. The data are collected through interviews using questionnaires. The results of this research showed 52,80% of respondents said the product is good, 54,63% of respondents expressed an affordable price, 52,78% of respondents said the place is good, 57,41% of respondents said the promotion is good, 55,56% of respondents said people is good. However, 61,11% of respondents decided to purchase decision to hospital. There is a significant relationship between the product, place, and promotion with purchase decision (p values < 0,05) and there is no a significant relationship between price and people with purchase decision (p values > 0,05). In an effort to increase the number of patient visits to the hospital for treatment, the hospital should be open again in response to patient complaints and improve internal environmental conditions for the safety of hospital patients. To create a good image in the eyes of the hospital community, the need for smooth communication with the public and necessary training to improve the competency and quality of hospital employees and medical staff. List reading : 26 (1993-2012) Key words : Marketing Mix, Purchase Decision
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Unit atau Lembaga: | Kedokteran > Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Riani Tri Utami |
Date Deposited: | 19 May 2014 04:14 |
Last Modified: | 19 May 2014 04:14 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/19977 |
Actions (login required)
View Item |