Repository Universitas Andalas

KUALITAS DAGING DITINJAU DARI SEGI JUMLAH KOLONI BAKTERI, pH DAGING DAN SUSUT MASAK DAGING PADA RUMAH PEMOTONGAN HEWAN DAN TEMPAT PEMOTONGAN HEWAN DI KOTA PADANG

ENGGAWATI, DOLA (2014) KUALITAS DAGING DITINJAU DARI SEGI JUMLAH KOLONI BAKTERI, pH DAGING DAN SUSUT MASAK DAGING PADA RUMAH PEMOTONGAN HEWAN DAN TEMPAT PEMOTONGAN HEWAN DI KOTA PADANG. Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF
Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (193Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (77Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini untuk mengetahui jumlah koloni, pH daging, dan Susut masak daging yang ada di Rumah Pemotongan Hewan dan tempat pemotongan hewan kota Padang.Penelitian ini menggunakan daging sapi sebanyak 300 gram yang berasal dari otot Longissimus dorsi (LD) untuk setiap daging pada masing-masing tempat pemotongan. Penelitian menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 3 perlakuan dan 5 kelompok pengerjaan sebagai ulangan. Jika perlakuan menunjukkan hasil berbeda nyata (P < 0,05) maka dilakukan uji lanjut menggunakan Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). Tempat pemotongan adalah (A) Rumah Potong hewan Lubuk Buaya, (B) Tempat pemotongan Bandar Buat dan (C) tempat Pemotongan Kubu Dalam. Peubah yang diukur adalah jumlah koloni bakteri, pH dan susut masak daging sapi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan memberikan pengaruh berbeda nyata (P>0.05) terhadap jumlah koloni bakeri dan pH, serta pengaruh tidak berbeda nyata (P<0.01) terhadap susut masak daging sapi. Kata Kunci: Daging sapi, jumlah koloni bakeri, pH dan susut masak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Teknologi Produksi Ternak
Depositing User: dhanie DR anie
Date Deposited: 19 May 2014 03:40
Last Modified: 19 May 2014 03:40
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20172

Actions (login required)

View Item View Item