Repository Universitas Andalas

HUBUNGAN BUDAYA ORGANISASI DENGAN KINERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA YARSI PADANG

BAHAR, IDRAWATI (2014) HUBUNGAN BUDAYA ORGANISASI DENGAN KINERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA YARSI PADANG. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (345Kb) | Preview

Abstract

PROGRAM MAGISTER ILMU KEPERAWATAN KEKHUSUSAN KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN KEPERAWATAN PROGRAM PASCA SARJANA – UNIVERSITAS ANDALAS Tesis, 14 Juli 2012 Idrawati Bahar Hubungan Budaya Organisasi dengan Kinerja Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Ibnu SinaYarsi Padang xiii + 109 halaman + 19 tabel + 2 skema + 5 lampiran Abstrak Kinerja perawat berperan penting meningkatkan mutu layanan rumah sakit. Fenomena menunjukkan masih banyaknya keluhan klien terhadap pelayanan keperawatan yaitu lamanya menunggu perawat setelah klien masuk ruangan, lamanya perawat menjawab panggilan klien serta sikap perawat yang tidak bersahabat. Penelitian bertujuan mengetahui hubungan budaya organisasi dengan kinerja perawat pelaksana. Desain penelitian cross sectional. Populasi adalah semua perawat diruang rawat inap RSI Ibnu Sina Padang, berjumlah 50 orang, semua populasi dijadikan subjek penelitian. Pengumpulan data dengan cara angket. Hasil uji validitas dan reliabilitas didapatkan hasil seluruh pernyataan kuesioner adalah valid (0,383-0.840) dan reliabilitas (0,955). Analisis data dengan distribusi frekuensi, chi Square dan regresi logistik. Hasil penelitian didapatkan 56% perawat pelaksana mempersepsikan budaya organisasi lemah, dan 78% perawat pelaksana berkinerja baik. Ada hubungan bermakna antara budaya organisasi dengan kinerja perawat pelaksana, selanjutnya gaya pengambilan keputusan adalah subvariabel yang paling berhubungan dengan kinerja perawat pelaksana. Diharapkan pihak manajemen keperawatan melalui direktur rumah sakit untuk melibatkan staf dalam pengambilan keputusan, mempertahankan dan meningkatkan budaya organisasi dengan melakukan sosialisasi dan pembuatan visi dan misi yang mencerminkan penanaman dan pembentukan budaya organisasi sehingga dihasilkan kinerja yang lebih baik. Kata kunci: Budaya organisasi, kinerja perawat pelaksana, gaya pengambilan keputusan Daftar Pustaka : 63 (1996-2012)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Fakultas Keperawatan
Depositing User: riri rima wustari
Date Deposited: 02 Jun 2014 00:14
Last Modified: 02 Jun 2014 00:14
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20269

Actions (login required)

View Item View Item