Repository Universitas Andalas

ANALISIS RISIKO PELAKSANAAN PEKERJAAN MENGGUNAKAN KONTRAK UNIT PRICE (Studi Kasus: Peningkatan dan Pelebaran Aset Infrastruktur Jalan Alai-By Pass Kota Padang Sebagai Jalur Evakuasi Tsunami)

Andri, Novri (2014) ANALISIS RISIKO PELAKSANAAN PEKERJAAN MENGGUNAKAN KONTRAK UNIT PRICE (Studi Kasus: Peningkatan dan Pelebaran Aset Infrastruktur Jalan Alai-By Pass Kota Padang Sebagai Jalur Evakuasi Tsunami). ANALISIS RISIKO PELAKSANAAN PEKERJAAN MENGGUNAKAN KONTRAK UNIT PRICE (Studi Kasus: Peningkatan dan Pelebaran Aset Infrastruktur Jalan Alai-By Pass Kota Padang Sebagai Jalur Evakuasi Tsunami) . (Submitted)

[img]
Preview
PDF
Download (243Kb) | Preview

Abstract

Abstrak Pembangunan maupun perawatan infrastruktur jalan melibatkan dua pihak terkait, yaitu pengguna jasa (pemerintah) dan penyedia jasa (kontraktor/konsultan) yang terikat dalam satu kontrak. Jenis kontrak yang sering dipakai dalam melakukan pembayaran untuk kegiatan konstruksi adalah kontrak lump sum dan kontrak unit price. Dinas Pekerjaan Umum Sumatera Barat menggunakan jenis kontrak unit price dalam pembuatan maupun perawatan jalan, termasuk peningkatan dan pelebaran jalan Alai-By Pass sebagai jalur evakuasi. Penggunaan kontrak unit price lebih menguntungkan dibandingkan kontrak lump sum, karena dalam kontrak lump sum, ruang lingkup kontrak (volume pekerjaan atau barang) tidak dapat dipastikan, sehingga jenis kontrak ini menjadi tidak menguntungkan bagi penyedia jasa maupun pengguna jasa. Ketidakpastian ruang lingkup kontrak lump sum akan menambah biaya atau mengurangi keuntungan dari penyedia jasa, tetapi risiko yang terjadi pada penggunaan kontrak lump sum sering ditanggung oleh penyedia jasa, Sedangkan untuk kontrak unit price, ruang lingkup kontrak yang tercantum dalam kontrak bersifat perkiraan, kemungkinan penambahan dan pengurangan pekerjaan yang terjadi setelah penandatanganan kontrak menjadi tanggung jawab bersama antara penyedia jasa dan pengguna jasa setelah dilakukan pengukuran ulang secara bersama. Penggunaan kontrak unit price dalam pembangunan jalur evakuasi Alai-By Pass tidak menutup adanya risiko yang mungkin terjadi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis risiko terhadap kontrak unit price. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi risiko-risiko yang timbul serta menentukan risiko yang paling signifikan terhadap kontrak unit price baik dari segi biaya, waktu maupun kualitas. Penilaian risiko ini menggunakan kriteria risiko yang telah digunakan pada penelitian-penelitian sebelumnya. Setelah dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas yang dilakukan pada penelitian ini, didapatkan sebanyak 25 sub kriteria yang valid dari 33 sub kriteria yang diujikan. Sub kriteria yang valid akan diproses untuk mendapatkan risiko yang paling signifikan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Hirarki yang didapatkan dari penelitian ini terdiri dari 2 (dua) level, yaitu tujuan (level 0), kriteria (level 1) dan sub kriteria (level 2). Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bahwa kriteria risiko kualitas memiliki risiko yang lebih signifikan dibandingkan risiko terhadap biaya dan waktu. Sub kriteria risiko yang signifikan untuk masing-masing kriteria adalah jumlah material yang tidak sesuai (biaya), kebijakan pemerintah (waktu) dan produktivitas konstruksi yang rendah (kualitas). Setelah dilakukan perhitungan total bobot akhir, diperoleh sub kriteria yang memiliki risiko paling signifikan adalah kebijakan pemerintah. Keywords : kriteria, risiko kontrak, Analytical Hierarchy Process ,dan kontrak unit price

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: riri rima wustari
Date Deposited: 02 Jun 2014 00:16
Last Modified: 02 Jun 2014 00:16
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20336

Actions (login required)

View Item View Item