Repository Universitas Andalas

TERHADAP INVESTASI SAHAM (Event Study Saham pada Perusahaan Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Eefek Indonesia)

Siliwangi Ramadhan, Farid TERHADAP INVESTASI SAHAM (Event Study Saham pada Perusahaan Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Eefek Indonesia). TERHADAP INVESTASI SAHAM (Event Study Saham pada Perusahaan Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Eefek Indonesia) . (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (Jurnal)
Download (153Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tahun 2013 terhadap investasi saham dengan mengunakan metode event study pada 12 perusahan Otomotif dan Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dari hasil analisi menunjukkan pengujian abnormal return dan volume perdagangan (Trading Volume Activity) menghasikan kesimpulan bahwa rata-rata abnormal return disekitar hari berlakunya kenaikan harga bahan bakar minyak, yaitu 10 hari sebelum dan 10 hari sesudah peristiwa secara statistik terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini menyatakan bahwa peristiwa kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) berpengaruh terhadap return saham yang diukur dengan abnormal return. Pada 10 hari sebelum investor masih memperoleh abnormal return saham, sementara 10 sesudah peristiwa rata-rata investor tidak lagi mendapatkan abnormal return. Sedangkan terhadap volume perdagangan (Trading Volume Activity) di sekitar berlakunya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) secara statistik tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini berarti bahwa peristiwa kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tidak berpengaruh terhadap volume perdagangan saham dan mengindikasikan investor tidak merespon peristiwa tersebut untuk melakukan transaksi jual/beli saham di pasar modal. Kata Kunci : Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Abnormal Return, Volume Perdagangan Saham

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Agustiadi rd agustiadiRudi
Date Deposited: 02 Jun 2014 00:13
Last Modified: 02 Jun 2014 00:13
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20418

Actions (login required)

View Item View Item