BRILIANDA, DODI HARSI
(2014)
KIPRAH SMA DR. ABDULLAH AHMAD PGAI
DALAM DUNIA PENDIDIKAN
DI KOTA PADANG , SUMATERA BARAT
TAHUN 1995 – 2012.
Other thesis, andalas university.
Abstract
ABSTRACK
Kiprah SMA DR . H. Abdullah Ahmad PGAI dari tahun 1995 -2012 adalah suatu
tinjauan tentang dinamika sebuah sekolah swasta di Sumatra Barat yang mengisi pendidikan
dalam bentuk sekolah swasta. Pertumbuhan siswa SMA PGAI yang berdiri pada tahun 1982
berjalan perlahan, tetapi pasti. Sekolah Adabiah lebih maju dari pada Sekolah SMA Dr. H.
Abdullah Ahmad PGAI, karena ketersedian sarana prasaranadi Adabiah lebih maju dari pada
SMA PGAI. Kedua sekolah ini didirikan oleh DR H Abdulah Ahmad. Lembaga pendidikan yang
bermunculan di berbagai nagari Minangkabau memberikan peran besar bagi perkembangan
nagari-nagari. Hal ini juga dirasakan oleh masyarakat di Kota Padang dengan berdirinya
Yayasan Dr. Abdullah Ahmad, yang dikenal dengan PGAI (Persatuan Guru Agama Islam) pada
tahun 1919. Pada mulanya cikal PGAI memulai lkegiatan lewat Syarikat Usaha Adabiah, yang
mendirikan Sekolah Normal Islam dan menerbitkan majalah Al-Munir. Abdullah Ahmad
mencoba untuk merealisasikan pendidikan dengan perubahan suatu metode pembelajaran
pendidikan yang pada masa lalu bersifat monoton, yaitu dengan cara duduk baselo mengelilingi
guru yang duduk di tengah.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor berdirinya Dr. Abdullah Ahmad
PGAI, mengungkapkan perkembangan SMA Dr. Abdullah Ahmad PGAI dari tahun 1995 sampai
2012 ,dan menjelaskan tanggapan masyarakat terhadap keberadaan SMA Dr. Abdullah Ahmad
PGAI . Penelitian ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan kajian sejarah
tentang perkembangan lembaga pendidikan di tengah-tengah banyaknya lembaga pendidikan
Islam yang lebih dulu dikenal oleh masyarakat luas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode sejarah. Metode sejarah adalah proses menguji dan menganalisa secara kritis
rekaman dan peninggalan masa lampau. Metode sejarah melalui empat tahap yaitu: mencari dan
mengumpulkan sumber (heuristik). Setelah pengumpulan data dilakukan, maka data tersebut
dikritik dengan dua cara yaitu intern dan ekstern. Kritik intern mencari kredibilitas sumber (dapat
dipercaya kebenarannya) seperti berasal dari mana, siapa menulisnya. Sedangkan kritik ekstern
yaitu dilakukan dengan mencari keaslian atau tidaknya data yang dikumpulkan. Setelah selesai,
dilakukan interpretasi data yang kemudian menjadi fakta sejarah.
Abdullah Ahmad mencoba mendirikan PGAI sebagai bagian dari Perguruan Adabiah.
Perguruan itu bertujuan untuk menap cerdaskan kehidupan bangsa dan agama. PGAI berusaha
keluar dari dilema pendidikan sekolah-sekolah Belanda yang sekuler dan lembaga pendidikan
Islam tradisional. PGAI didirikan sedemikian rupa agar dapat menarik minat orang tua untuk
menyekolahkan anak-anak mereka di Yayasan Dr. Abdullah Ahmad PGAI Padang. Yayasan itu
memiliki struktur dan pengelolaan yang berbeda dengan lembaga pendidikan lain yang muncul
pada masa pemerintahan Hindia Belanda. SMA PGAI menerapkan sistem asrama, dimana siswasiswi
diwajibkan untuk mempelajari dan mengamalkan ajaran agama Islam yang diterima saat
proses belajar mengajar di yayasan ini. Untuk mendukung kegiatan keagamaan, PGAI
mendirikan mesjid yang dapat dipergunakan oleh siswa-siswi, tenaga pengajar di yayasan ini.
PGAI mengajarkan dan memberi contoh yang baik agar saling tolong menolong dalam
kehidupan beragama yaitu kepada setiap manusia terutama muslim .
Actions (login required)
|
View Item |