HUSNI, YUSRATUL
(2014)
PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU
( STUDI KASUS SLTP DI KOTA SAWAHLUNTO ).
Other thesis, andalas university.
Abstract
ABSTRAK
Yusratul Husni. 07206075. Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus
SLTP Di Kota Sawahlunto)
Fenomena di lapangan memperlihatkan kinerja guru belum maksimal dalam
melaksanakan tugasnya, dimana guru belum merencanakan pembelajaran dengan baik
sehingga pelaksanaan pembelajaran kurang sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Rendahnya kinerja guru diduga dipengaruhi oleh kompetensi guru yang belum
diaplikasikan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh
kompetensi terhadap kinerja guru di SLTP Kota Sawahlunto.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh guru bidang studi yang di-UN-kan (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika
dan IPA) SMP/MTs Negeri dan Swasta di Kota Sawahlunto sebanyak 162 orang guru.
Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, sampel dalam penelitian
ini berjumlah 115 orang guru. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dengan model
skala likert. Analisis data secara deskripsi data, uji prasyaratan analisis dan pengujian
hipotesis yaitu korelasi dan regresi berganda diolah dengan menggunakan komputer SPSS
Versi 15,00.
Hasil penelitian menggambarkan bahwa 1) kompetensi kepribadian berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 21,2%, 2) kompetensi pedagogik
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 43,6%, 3) kompetensi
profesional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 20,6%, 4)
kompetensi sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 19,9%.
5) kompentensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SMP
Sawahlunto.
Kata Kunci : Kompetensi dan Kinerja Guru
Actions (login required)
|
View Item |