PUTRA, TEDI YANELA
(2014)
TANGGUNG JAWAB PENGELOLA PERPARKIRAN RUMAH SAKIT
UMUM DAERAH dr. Rasidin DI KOTA PADANG TERHADAP
PENGGUNA JASA PARKIR.
Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.
Abstract
TANGGUNG JAWAB PENGELOLA PERPARKIRAN RUMAH SAKIT UMUM
DAERAH dr. Rasidin DI KOTA PADANG TERHADAP PENGGUNA JASA PARKIR
(Tedi Yanela Putra, 0910113273, Fakultas Hukum Universitas Andalas, Tahun 2014,
Jumlah Halaman 68)
ABSTRAK
Penyelenggaraan tempat parkir adalah pembangunan, pengoperasian, dan pemeliharaan
tempat parkir.Dalam pelaksanaan penyelenggaraan perparkiran yang diatur oleh Peraturan
Daerah Kota Padang Nomor 12 Tahun 2001 Tentang Penyelenggaraan Perparkiran. Untuk
meningkatkan ketertiban, keamanan, kelancaran lalu lintas, dan meningkatkan Pendapatan Asli
Daerah, maka perlu diatur Penyelenggaraan perparkiran. Namun dalam kenyataannya pada saat
ini kerap terjadi kehilangan kendaraan pada area perparkiran. Dan untuk menindaklanjuti
kejadian kehilangan kendaraan pihak dari pengelola jasa parkir Rumah Sakit Umum Daerah dr.
Rasidin menerima setiap pengaduan dari konsumen yang merasa dirugikan dari kejadian
tersebut. Akan tetapi dalam hal pelaksanaan prosedurnya Rumah Sakit Umum Daerah dr.
Rasidin tidak sepenuhnya melaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sehingga
membuat pengguna jasa parkir Rumah Sakit Umum Daerah dr. Rasidin merasa masih dirugikan
sebagai konsumen. Rumusan masalah yang dibahas adalah Bagaimana Bentuk Banggung Jawab
Yang dilakukan Oleh Rumah Sakit Umum Daerah dr. Rasidin Terhadap Pengguna Jasa Parkir di
Kota Padang, Hambatan-hambatan dalam penyelesaian ganti kerugian kehilangan dan kerusakan
kendaraan yang dititipkan di Area Parkir Rumah Sakit Umum Daerah dr. Rasidin. Penelitian ini
menggunakan metode yuridis sosiologis yang bersifat deskriptif analitis. Data penelitian meliputi
data bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Teknik
pengumpulan data adalah studi dokumen dengan mempelajari setiap bahan-bahan hukum baik
dari penelitian kepustakaan maupun penelitian lapangan, serta pengumpulan data wawancara
yaitu suatu cara memperoleh data dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada koresponden
dan narasumber mengenai permasalahan yang dibahas. Berdasarkan hasil penelitian maka
penulis menyimpulkan bahwa Prosedur yang ditempuh oleh Rumah Sakit Umum Daerah dr. Rasidin
ini sebenarnya bertentangan dengan apa yang telah di atur oleh Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999
tentang Perlindungan Konsumen, pengelola parkir tidak sepenuhnya melaksanakan tanggung jawab
sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sehingga membuat pengguna jasa parkir Rumah Sakit
Umum Daerah dr. Rasidin merasa masih dirugikan sebagai konsumen.
Actions (login required)
|
View Item |