MARTHATIANUS, RANDY
(2014)
STUDI PENYEBAB KECELAKAAN DAN TINGKAT
CEDERA YANG DIALAMI PADA PENGENDARA
SEPEDA MOTOR DIBAWAH UMUR
( DIBAWAH 17 TAHUN )
DENGAN METODA REVEALED PREFERENCE
(StudiKasus : Kota Padang).
Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.
Abstract
ABSTRAK
Dari data Jasa Raharja angka kecelakaan lalu lintas paling
tinggi di kota Padang berada pada rentang usia 15-24 tahun.
Didalamnya terdapat usia dibawah umur (dibawah 17 tahun) yang
mengalami kecelakaan. Maka untuk memperoleh gambaran kecelakaan
yang dialami oleh pengendara usia bawah umur tersebut perlu dicari
hubungan antara penyebab kecelakaan dan tingkat cidera yang dialami
oleh pengendara dibawah umur (dibawah 17 tahun). Dari hubungan
penyebab dan akibat kecelakaan tersebut dapat digunakan sebagai data
untuk menciptakan strategi peningkatan keselamatan lalu lintas bagi
masyarakat khususnya para pengendara dibawah umur. Survey ini
dilakukan di Kota Padang mengenai karakteristik responden, penyebab
kecelakaan dan cidera yang dialami oleh pengendara dibawah umur
akibat kecelakaan tersebut dengan menggunakan metode revealed
preference yang dilakukan pada bulan Mei 2014 selama kurang lebih 2
pekan. Dengan mendata 100 responden, dilakukan analisis data dengan
menghubungkan penyebab kecelakaan dengan cidera yang dialami
korban akibat kecelakaan tersebut untuk mendapatkan suatu
kesimpulan. Didapatkan dari hasil survai ini penyebab kecelakaan pada
pengendara dibawah umur di kota Padang adalah faktor manusia
sebesar 38,314 %, kendaraan 13,027 %, jalan 21,840 %, dan
lingkungan 26,820 %. Hubungan Penyebab dan akibat (cidera)
kecelakaan pada pengendara dibawah umur adalah faktor manusia
dengan nilai korelasi 0.999997, kendaraan 0.998169, Jalan 0.99756
dan lingkungan 0.999742.
Kata kunci: Karakteristik pengendara, sebab kecelakaan, Tingkat
cidera, Korelasi.
Actions (login required)
|
View Item |