Repository Universitas Andalas

PENGARUH LAMA PENGGILINGAN FENILBUTAZON TERHADAP KARAKTER KOMPLEKS INKLUSI FENILBUTAZON BETA SIKLODEKSTRIN YANG DIBUAT DENGAN METODA KNEADING

NOSPIATDI, SUJIA (2014) PENGARUH LAMA PENGGILINGAN FENILBUTAZON TERHADAP KARAKTER KOMPLEKS INKLUSI FENILBUTAZON BETA SIKLODEKSTRIN YANG DIBUAT DENGAN METODA KNEADING. Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.

[img]
Preview
PDF
Download (203Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (173Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (173Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fenilbutazon merupakan obat Anti Inflamasi Non Steroid (NSAID). Salah satu permasalahan yang dimiliki oleh fenilbutazon adalah sifat kelarutannya yang praktis tidak larut di dalam air. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggilingan terhadap karakter kompleks inklusi yang terbentuk. Proses penggilingan dilakukan dengan menggunakan ball mill dengan variasi lama penggilingan fenilbutazon 1 jam, 4 jam, dan tanpa penggilingan. Pembuatan kompleks inklusi dilakukan dengan metoda kneading dengan rasio molar 2:1. Kompleksi inklusi fenilbutazon-β-siklodekstrin dilihat karakternya dengan menggunakan spektrofotometri inframerah, Scanning Microscopy electron (SEM) dan Differential Thermal Analyzer (DTA), X-Ray serta melihat profil disolusi. Dari hasil X-Ray terlihat terjadinya penurunan derjat kristalinitas dari fenilbutazon. pada analisa SEM terlihat adanya pembentukan agregat dari fenilbutazon-β-siklodekstrin. Sedangkan pada profil disolusi terlihat adanya penurunan laju disolusi dari fenilbutazon yang digiling dibanding dengan fenilbutazon tanpa penggilingan. Proses penggilingan fenilbutazon menyebabkan terbentuknya agregat sehingga terjadi penurunan laju disolusi dari komplek inklusi fenilbutazon-β-siklodekstrin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Unit atau Lembaga: Fakultas Farmasi
Depositing User: Marina R kurniawan
Date Deposited: 29 Jan 2015 01:02
Last Modified: 29 Jan 2015 01:02
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/22282

Actions (login required)

View Item View Item