IQBAL, MUHAMMAD
(2014)
PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)
TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN
DI PT. ASTRA CREDIT COMPANIES (ACC) CABANG PADANG.
Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.
Abstract
Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Pelanggan di PT. Astra
credit Companies (ACC) Cabang Padang
Skripsi S1 oleh : Muhammad Iqbal
Pembimbing : Dra. Yanti, MM
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menguji Pengaruh Customer Relationship Management
(Manusia, Proses dan Teknologi) terhadap Loyalitas Pelanggan di PT. Astra Credit Companies (ACC)
Cabang Padang. Objek penelitian ini adalah pelanggan di PT. Astra Credit Companies (ACC) Cabang
Padang. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh pelanggan di PT. Astra Credit Companies (ACC) Cabang
Padang. Teknik sampling yang digunakan adalah non Probability Sampling, dengan memakai metode
purposive sampling. Jumlah sampel diperoleh sebanyak 100 orang responden dari populasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif yang menggambarkan karakteristik masing-masing
variable penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan masing-masing variabel yang digunakan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di PT. Astra Credit Companies (ACC) Cabang Padang. Variabel
CRM manusia memiliki t hitung sebesar 3.361 (bertanda signifikan) terhadap loyalitas pelanggan atau > t
tabel 1,985, proses yang memiliki t hitung sebesar 2.098 (bertanda signifikan) terhadap loyalitas
pelanggan atau > t tabel 1,985 dan teknologi memilki t hitung sebesar 2.609 (bertanda signifikan)
terhadap loyalitas pelanggan atau > t tabel 1,985. Dari hasil R Square diperoleh loyalitas pelanggan
sebesar 0,522 yang berarti bahwa 52,2% loyalitas pelanggan dapat dipengaruhi oleh factor CRM dari
variabel manusia, proses dan teknologi dan 47,2% dapat dipengaruhi oleh variabel – variabel lain.
Kata kunci: CRM (Manusia, Proses, dan Teknologi) dan Loyalitas Pelanggan
Actions (login required)
|
View Item |