SATRIA, RIVO ARMANDA (2014) HUBUNGAN KECANDUAN BERMAIN VIDEO GAMES YANG MENGANDUNG UNSUR KEKERASAN DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA MURID LAKI-LAKI KELAS IV DAN V DI SDN 02 CUPAK TANGAH PAUH KOTA PADANG TAHUN 2014. Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.
|
PDF
Download (117Kb) | Preview |
|
|
PDF
Download (89Kb) | Preview |
|
|
PDF
Download (167Kb) | Preview |
Abstract
ABSTRAK HUBUNGAN KECANDUAN BERMAIN VIDEO GAMES YANG MENGANDUNG UNSUR KEKERASAN DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA MURID LAKI-LAKI KELAS IV DAN V DI SD NEGERI 02 CUPAK TANGAH PAUH KOTA PADANG 2014 Oleh Rivo Armanda Satria Perilaku agresif adalah perilaku yang bertujuan untuk menyakiti orang lain, untuk mengekspresikan perasaan negatifnya seperti permusuhan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Terdapat 4 aspek agresifitas, yaitu kemarahan, permusuhan, agresi verbal, dan agresi fisik. Salah satu faktor yang diduga mempengaruhi perilaku agresif adalah kebiasaan bermain video games yang mengandung unsur kekerasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku kecanduan bermain video games yang mengandung unsur kekerasan terhadap prilaku agresif pada murid laki-laki kelas IV dan V di SD Negeri 02 Cupak Tangah Pauh 2014. Penelitian ini menggunakan disain cross sectional study dengan jumlah sampel sebanyak 83 orang murid laki-laki dari kelas IV dan V di SD N 02 Cupak Tangah Pauh. Data dikumpulkan melalui wawancara kepada responden menggunakan kuesioner yang kemudian di analisis dengan uji statistik chi-square dengan derajat kepercayaan 95% (0,05). Hasil penelitian menunjukkan persentase responden yang memiliki perilaku agresif lebih tinggi pada responden yang mengalami kecanduan bermain video games yang mengandung unsur kekerasan jika dibandingkan dengan responden yang tidak mengalami kecanduan bermain video games yang mengandung unsur kekerasan (67,6%:20,4%) dan terdapat hubungan yang bermakna antara kecanduan bermain video games yang mengandung unsur kekerasan dengan perilaku agresif (p-value=0,000). Disarankan bagi pihak sekolah agar memiliki program konseling psikologis anak misalnya dalam bentuk UKESWA (usaha kesehatan jiwa) yang termasuk dalam program UKS (usaha kesehatan sekolah) untuk mendeteksi sejak dini perilaku kecanduan anak terhadap video games yang mengandung unsur kekerasan dan perilaku agresif anak sehingga dapat diberikan bimbingan untuk mengatasi kecanduan dan perilaku agresif tersebut agar tidak berlanjut dan menjadi conduct disorder atau perilaku anti sosial Kata kunci : agresif, kecanduan, video game
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services |
Unit atau Lembaga: | Kedokteran |
Depositing User: | Marina R kurniawan |
Date Deposited: | 29 Jan 2015 01:12 |
Last Modified: | 29 Jan 2015 01:12 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/22412 |
Actions (login required)
View Item |