Amrina, Elita and Putri, Nilda Tri and Kamil, Insannul
(2015)
Konsep Sustainability dalam Pendidikan dan Keilmuan Teknik Industri.
In: Seminar Nasional Pengembangan Pendidikan Tinggi "Peningkatan Peran Pendidikan Tinggi dan Reformasi Kurikulum untuk Meningkatkan Daya Saing Lulusan dalam Konteks ASEAN maupun Global", 6-7 Agustus 2015, Padang.
Abstract
Keilmuan teknik industri selalu berkembang mengikuti perubahan paradigma
sistem manufaktur. Konsep sustainability yang menjadi isu global saat ini
menuntut perubahan dalam struktur kurikulum pendidikan tinggi. Isu
sustainability perlu diakomodasi ke dalam pengembangan kemampuan lulusan
teknik industri melalui proses pendidikan. Makalah ini membahas tentang
integrasi konsep sustainability kedalam pendidikan dan keilmuan teknik industri.
Integrasi sustainability ke dalam kurikulum dapat dilakukan secara bertahap
dimulai dari penambahan topik bahasan pada mata kuliah yang ada hingga
penambahan mata kuliah baru terkait sustainability. Perubahan struktur
kurikulum juga dapat dilakukan dari kurikulum berbasis institusional hingga
kurikulum inti ditingkat nasional. Integrasi konsep sustainability dalam kurikulum
diharapkan dapat meningkatkan daya saing keilmuan teknik industri.
Actions (login required)
|
View Item |