Repository Universitas Andalas

MODEL OPTIMASI PENJADWALAN KAPAL PENYEBERANGAN JALUR MERAK – BAKAUHENI DENGAN KRIERIA MINIMASI WAKTU TUNGGU KAPAL DAN WAKTU TUNGGU KENDARAAN

Satria, Trinda Farhan and Hariyandie , Alexie and Deviana, Deviana (2010) MODEL OPTIMASI PENJADWALAN KAPAL PENYEBERANGAN JALUR MERAK – BAKAUHENI DENGAN KRIERIA MINIMASI WAKTU TUNGGU KAPAL DAN WAKTU TUNGGU KENDARAAN. Working Paper. Fakultas Teknik. (Unpublished)

[img] Microsoft Word (MODEL OPTIMASI PENJADWALAN KAPAL PENYEBERANGAN JALUR MERAK – BAKAUHENI DENGAN KRIERIA MINIMASI WAKTU TUNGGU KAPAL DAN WAKTU TUNGGU KENDARAAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (27Kb)

Abstract

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, terjadi peningkatan jumlah penumpang yang tajam di pelabuhan Merak-Bakauheni sehingga terjadi penumpukan penumpang dan kendaraan serta mengakibatkan terjadinya kemacetan lalu lintas yang panjang di sekitar pelabuhan. Usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan perbaikan metode penjadwalan yang selama ini digunakan PT ASDP. Karena itu dilakukan pengembangan model penjadwalan usulan dengan kriteri minimasi waktu menunggu kendaraan. Pengembangan model mempertimbangkan beberapa karakteristik berikut : pola kedatangan kecepatan kapal), dan karakteristik dermaga (fasilitas sandar, kemampuan dermaga dan kecepatan loading/unloading dermaga). Algoritma model penjadwalan kapal terdiri 4 tahap, yaitu) Tahap pengelompokan kapal dengan mempertimbangkan karakteristik fasilitas sandar, bobot kapal, fasilitas sandar, dan kemampuan dermaga, 2) Tahap penentuan urutan dan waktu sandar kapal di pelabuhan Merak, 3) Tahap pertukaran kapal menggunakan metode tabu search, dengan tahapan dasar prosedur berikut : a) original seed, b) selection criterion, dan c) termination criterion, dan 4) Tahap penjadwalan kapal lengkap. Model penjadwalan untuk meminimumkan waktu menunggu kendaraan ini mampu menurunkan waktu tunggu rata-rata setiap kendaraan sebesar 372,43 detik (21,51 persen) dari 1731,77 detik menjadi 1359,33 detik.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: SSi Santi Ariningsih
Date Deposited: 04 Jun 2010 10:04
Last Modified: 26 Sep 2011 06:40
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/2408

Actions (login required)

View Item View Item