Repository Universitas Andalas

OPTIMASI JEMBATAN RANGKA BAJA DENGAN MENGGUNAKAN TEORI MAXWELL DAN MITCHELL

Sunaryati, Jati and Nofrita, Susi and Zaidir, Zaidir (2010) OPTIMASI JEMBATAN RANGKA BAJA DENGAN MENGGUNAKAN TEORI MAXWELL DAN MITCHELL. Project Report. Lembaga Penelitian Universitas Andalas. (Unpublished)

[img] PDF (OPTIMASI JEMBATAN RANGKA BAJA DENGAN MENGGUNAKAN TEORI MAXWELL DAN MITCHELL) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (433Kb)

Abstract

Struktur Jembatan Rangka Baja, membutuhkan pemenuhan persyaratan struktural yaitu berupa syarat kekuatan, kekakuan dan stabilitas. Syarat lain yang juga penting dalam disain jembatan rangka baja adalah syarat keekonomisan. Hal ini disebabkan karena pemesanan profil penampang yang akan digunakan sangat tergantung pada perhitungan yang telah dilakukan. Upaya-upaya harus dilakukan agar profil yang digunakan sependek dan seringan mungkin mengingat biaya mobilisasi dari profil sangat besar. Untuk itu dalam penelitian ini dilakukan usaha optimasi jembatan struktur rangka baja dengan menggunakan Teori Maxwell dan Mitchell. Studi kasus dilakukan terhadap Jembatan Lubuk Buaya Contract Package No. OP-08, OECE LOAN No. IP-411 dimana persyaratan struktural telah terpenuhi, sehingga penelitian hanya ditujukan pada optimasi jembatan. Hasil dari studi kasus menunjukkan bahwa terjadi pengurangan tinggi jembatan sebesar 1.12 m, yang berarti juga pengurangan volume profil yang tentunya berkaitan erat dengan pengurangan biaya bahan dan pengangkutan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: mharri novendra
Date Deposited: 25 Oct 2010 07:14
Last Modified: 21 Sep 2011 06:54
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/4722

Actions (login required)

View Item View Item