Sabri, Rika and Yerizel , Eti (2014) PENGARUH TERAPI A�]EIS TERHADAP KEMAJUAN ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS AUTISME DI KOTA PADANG. Project Report. Lembaga Penelitian Universitas Andalas. (Unpublished)
PDF (PENGARUH TERAPI A�]EIS TERHADAP KEMAJUAN ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS AUTISME DI KOTA PADANG)
- Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (762Kb) |
Abstract
Autisme adalah gangguan perkembangan pervasif pada anak yang ditandai ciengan gangguan dan keterlambatan dalam kognitif, bahas4 perilaku dan interaksi sosial. Penyandang autisme mendapatkan terapi medikamentosa, terapi biomedik, terapi wicara, terapi perilaku dan terapi okupasi untuk meminimalkan gejala autisme. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian terapi terhadap kemajuan anak autisme. Metode penelitian ini adalah eksperimen dan menggunakan lembaran dan observasi. Pengambilan data dilakukan pada 40 orang penderita autisme sekolah khusus autisme YPPA Parak Gadang dan Yayasan BIMA dari bulan Juni- Agustus 2006. Hasil penelitian memperlihatkan dari 30 anak yang melakukan terapi perilaku dengan baik yang mengalami kemajuan 25 anak (83,3Ya), dari 27 anak yang melakukan terapi okupasi yang baik, ada 25 anak (92,6%) yang mengalami kemajuan, dan dari 25 anak yang melakukan terapi wicara yang baik ada 22 anak (88,0%) yang mengalami kemajuan. Berdasarkan analisa statistik dengan derajat kemaknaan p<0,05 berarti pemberian terapi perilaku, terapi okupasi dan terapi wicara berpengaruh terhadap kemajuan anak autisme.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Unit atau Lembaga: | Lembaga Penelitian Unand |
Depositing User: | dody ichwana |
Date Deposited: | 25 Oct 2010 04:05 |
Last Modified: | 31 Aug 2015 03:26 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/4845 |
Actions (login required)
View Item |