Kurniati, Kurniati (2008) Pengaruh Perhatian Orang Tua, Kemampuan Awal, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Menggunakan Analisis Jalur (Studi Kasus pada SMA Negeri I Panti Kabupeten Pasaman). Masters thesis, Program Pascasarjana Unand.
PDF (Pengaruh Perhatian Orang Tua, Kemampuan Awal, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Menggunakan Analisis Jalur (Studi Kasus pada SMA Negeri I Panti Kabupeten Pasaman))
- Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (665Kb) |
Abstract
Hasil belajar adalah tolak ukur untuk menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam mengetahui dan memahami pelajaran yang didapatnya berupa pengetahuan, sikap dan keterampilan setelah siswa mengalami proses belajar. Hasil belajar matematika siswa dipengaruhi oleh banyak faktor seperti perhatian orang tua, kemampuan awal dan motivasi belajar matematika. Penelitian ini berrujuan unflrk melihat pengaruh perhatian orang tua, kemampuan awal yang terdiri dari nilai rata-ratamatematika rapor SMP kelas IX, nilai NEM matematika SMP dan nilai rata-ratamatematika rapor SMA kelas X, serta motivasi belajar matematika terhadap hasil belajar matematika menggunakan analisis jalur. Untuk menganalisis pola hubungan kausal antar variabel dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung, secara serempak atau mandiri beberapa variabel penyebab terhadap sebuah variabel akibat, maka pola yang tepat adalah analisis jalur. Pada dasarnya analisis jalur merupakan pengembangan dari analisis korelasi, yang dibangun dari diagram jalur (path diagram) yang menjelaskan mekanisme hubungan antar variabel dengan cara menguraikan koefisien korelasi menjadi pengaruh langsung dan atau tidak langsung. Langkah awal penggunaan metode analisis jalur ini adalah penyusunan diagram jalur yang menggambarkan hubungan kausal antar variabel. Diagram ini disusun berdasarkan pengetahuan yang mendasari hubungan kausal antar variabel atau berdasarkan hipotesis yang dibuat dan dapatjuga berdasarkan hasil -hasil penel itian sebelumnya. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh langsung perhatian orang tu4 kemampuan awal dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Perhatian orangtua berpenganth langsung sebesar 0,198 Pengaruh langsung kemampuan awal siswa yang dilihat dari nilai matematika rapor SMP kelas D( sebesar 0,217, nilai NEM matematika SMP sebesar 0,200 dan nilai rapor matematika SMA kelas X sebesar 0,210. Sedangkan pengamh langsung motivasi belajar matematika siswa sebesar 0,246 terhadap hasil belajar siswa. 2) Terdapat pengaruh tidak langsung perhatian orang tua dan kemampuan awal siswa melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Pengaruh tidak langsung perhatian orang tua melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar o,413. Sedangkan pengaruh tidak langsung nilai matematika SMP kelas lX sebesar 0.507, nilai NEM matematika SMP sebesar 0,480 dan nilai matematika rapor SMA kelas X sebesar 0,493 melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Unit atau Lembaga: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | girl 123 456 |
Date Deposited: | 12 Nov 2010 07:08 |
Last Modified: | 12 Nov 2010 07:08 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/5472 |
Actions (login required)
View Item |