Repository Universitas Andalas

STRATEGI PEMASARAN DAKAK-DAKAK PADA UD. RESTU KELUARGA DI KOTA PADANG

AYU, FITRI (2009) STRATEGI PEMASARAN DAKAK-DAKAK PADA UD. RESTU KELUARGA DI KOTA PADANG. Other thesis, FAKULTAS PERTANIAN.

[img]
Preview
PDF (STRATEGI PEMASARAN DAKAK-DAKAK PADA UD. RESTU KELUARGA DI KOTA PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (400Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada lndustri Dakak-dakak UD. Restu Keluarga yang beralamat di Jalan lkhlas VI No. 29 Kelurahan Andalas Barat Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Mei sampai Juni 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kondisi-kondisi yang menyebabkan penurunan jumlah pemesanan dakak-dakak pada UD. Restu Keluarga dan merumuskan strategi pemasaran untuk meningkatkan volume produksi dan penjualan dakak-dakak UD Restu Keluarga . Metode yang digunakan adalah metode studi kasus, dimana pihak UD. Restu Keluarga dijadikan sumber data primer. Data sekunder diperoleh dari instansi atau dinas yang terkait dengan penelitian ini, yaitu Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Barat, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Padang, dan BPS Sumatera Barat. Analisis data berupa analisa deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi kondisi-kondisi yang menyebabkan penurunan jumlah pemesanan dakak-dakak dan untuk merumuskan strategi pemasaran digunakan analisis kualitatif dengan metode SWOT- Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa kondisi-kondisi yang menyebabkan penurunan jumlah pemesanan dakak-dakak terdiri dari lingkungan internal (a) Merek produk tidak dilengkapi keterangan-keterangan tentang produk, (b) Harga jual produk UD. Restu Keluarga lebih tinggi, (c) Sistem pembayaran tunai, (d) Tidak adanya pemberian potongan harga, (e) Tidak melakukan distribusi langsung, (f) Pemasaran produk UD. Restu Keluarga belum merata di seluruh Kota Padang, (g) Tidak melakukan promosi yang terencana dengan baik, dan lingkungan eksternal yaitu adanya pesaing. Strategi yang dapat diterima industri adalah (a) Menambah daerah distribusi produk, (b) Meningkatkan keunggulan produk dan melakukan variasi produk, (c) Pemberian potongan harga, dan (d) Melengkapi merek dengan keterangan produk. Strategi yang tidak diterima adalah (a) Melakukan promosi yang terencana, (b) Menawarkan sistem pembayaran kredit kepada pedagang pengecer, dan (c) Melakukan distribusi langsung. Kepada pihak industri diharapkan dapat melaksanakan strategi pemasaran yang telah ditetapkan dengan melakukan pertimbangan-pertimbangan yang sesuai dengan kondisi lingkungan internal dan ekstemal dari industri UD. Restu Keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 16 Feb 2011 09:49
Last Modified: 16 Feb 2011 09:49
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/6645

Actions (login required)

View Item View Item