Repository Universitas Andalas

ANALISIS PENGARUH STRATEGI IKLAN GLOBAL DAN DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada Mahasiswa S1 Universitas Andalas)

Saputra, Hendra Rizki (2009) ANALISIS PENGARUH STRATEGI IKLAN GLOBAL DAN DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada Mahasiswa S1 Universitas Andalas). Other thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS PENGARUH STRATEGI IKLAN GLOBAL DAN DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada Mahasiswa S1 Universitas Andalas)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (393Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menciptakan keunggulan bersaing bagi perusahaan dalam menghadapi pasar yang semakin kompetitif. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keunggulan bersaing yaitu promosi dan diferensiasi produk. Media promosi yang diteliti dalam penelitian ini adalah iklan global di televisi. Penelitian dilakukan pada mahasiswa S1 Universitas Andalas terhadap produk terbaru Coca Cola Company yaitu Coca Cola Zero dengan mengambil sebanyak 150 responden sebagai sampel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan televisi dan diferensiasi produk yang dibuat Coca Cola Company terhadap keunggulan bersaing. Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian kali ini antara lain iklan televisi (daya tarik pesan, bintang iklan, musik, slogan, warna, gambar) dan diferensiasi produk (mutu, sifat dan rancangan produk). Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji analisis regresi berganda melalui program SPSS 12.0. Hasil penelitian memperlihatkan adanya pengaruh positif iklan televisi dan diferensiasi produk terhadap keunggulan bersaing perusahaan. Penelitian ini secara umum dapat mengevaluasi bagaimana hasil dari strategi promosi melalui ikian televisi dan diferensiasi produk yang dilakukan oleh Coca Cola Company dari perspektif konsumen yang diteliti. Hasil penelitian ini juga dapat dijadikan sebagai masukan bagi Coca Cola Company dalam meningkatkan efektifitas strategi yang diterapkan tersebut. Keywords : Iklan Global,Diferensiasi Produk, Keuangan Bersaing

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Feb 2011 02:35
Last Modified: 18 Feb 2011 02:35
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/6866

Actions (login required)

View Item View Item