Repository Universitas Andalas

PENGARUH PELAKSANAAN SPONSORSHIP TERHADAP CITRA MEREK (BRAND IMAGE) ROKOK KRETEK DJI SAM SOE

Fathani, Irfan (2008) PENGARUH PELAKSANAAN SPONSORSHIP TERHADAP CITRA MEREK (BRAND IMAGE) ROKOK KRETEK DJI SAM SOE. Other thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PELAKSANAAN SPONSORSHIP TERHADAP CITRA MEREK (BRAND IMAGE) ROKOK KRETEK DJI SAM SOE) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (327Kb) | Preview

Abstract

Persaingan antar perusahaan pada saat sekarang ini begitu ketat. Salah satu strategi perusahaan untuk memenangkan persaingan adalah dengan melakukan promosi seperti melakukaN sponsorship. Bentuk sponsorship yang cukup banyak dilakukan oleh perusahaan adalah sponsorship olahraga seperti yang dilakukan oleh PT HM Sampoerna melalui rokok kretek Dji Sam Soe yang mensponsori Copa Dji Sam Soe lndonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan sponsorship terhadap citra merek ( brand image ) rokok kretek Dji Sam Soe'dan faktor yang paling dominan mempengaruhi citra merek rokok kretek Dji Sam Soe. Populasi penelitian adalah mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Andalas yang pernah mengkonsumsi rokok kretek Dji Sam Soe dan pernah menyaksikan Copa Sji Sam Soe lndonesia di Gor H. Agus Salim. Sampel diambil dengan melakukan metode convinience sampling dari populasi. Metode riset untuk pengujian hipotesi menggunakan pola hubungan pengaruh, mengoperasionalkan variabel dengan instrumen kuesioner sebanyak 100 responden. Data diolah dengan analisa regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 15.0. Hasil uji statistik menujukkan pesan yang disampaikan melalui sponsorship merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi citra merek rokok kretek Dji Sam Soe dan secara keseluruhan pelaksanaan sponsorship memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap citra merek rokok kretek Dji Sam Soe sebesar 78,9% sedangkan sisanya 21,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak diteliti oleh penulis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Feb 2011 10:39
Last Modified: 18 Feb 2011 10:39
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/6902

Actions (login required)

View Item View Item