Repository Universitas Andalas

MINIMASI CACAT PRODUK KERAMIK MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA UNTUK MENGURANGI KOMPLAIN PELANGGAN

Risman, Yossy (2014) MINIMASI CACAT PRODUK KERAMIK MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA UNTUK MENGURANGI KOMPLAIN PELANGGAN. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (MINIMASI CACAT PRODUK KERAMIK MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA UNTUK MENGURANGI KOMPLAIN PELANGGAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (380Kb) | Preview

Abstract

PT Muliakeramik Indahraya merupakan produsen keramik Indonesia yang memiliki kekuatan lmage sebagai anggota Mulia Industrindo yang menjadi andalan mereka dalam men-sembangkan usaha dan bersaing dengan produk kompetitor. Menghasilkan produk yang berkualitas merupakan runtutan bagi perusahaan seiring dengan semakin ketatnya persaingan dan persyaratan pelanggan. Namun hal ini belum mampu dipenuhi perusahaan dengan adanya cacat produk yang menimbulkan komplain pelanggan sebesar 0,6% total produksi. Cacat merupakan salah satu bentuk kegagalan perusahaan yang mengakibatkan ketidakkepuasan pelanggan dan kerugian perusahaan akibat biaya penanganan. Selama 3 tahun terakhir perusahaan menderita kerugian sebesar Rp. 3.656.916.270,- akibat kasus ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 25 Feb 2011 14:17
Last Modified: 07 Jan 2016 03:23
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/7612

Actions (login required)

View Item View Item