Zetra , Aidinil and Kusdarini , Kusdarini and Daslin, Tesa Revika (2009) Pelaksanaan Manajemen Kinerja di Daerah: Kajian Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Solok. Artikel Ilmiah Penelitian Dosen Muda .
Microsoft Word (Pelaksanaan Manajemen Kinerja di Daerah: Kajian Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Solok)
- Published Version
Download (155Kb) |
Abstract
Kinerja birokrasi pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pelayanan publik sering mendapat kritikan. Hal ini memaksa pemda untuk melakukan perbaikan manajemen pelayanan publik. Salah satunya adalah dengan melakukan reformasi birokrasi. Kabupaten Solok sebagai salah satu daerah di Indonesia telah memprakarsai reformasi birokrasi seperti penerapan pakta Integritas untuk mendukung terwujudnya tata pemerintahan yang baik dan pemerintahan yang bersih. Namun kenyataannya masih belum memuaskan. Kebijakan ini belum mampu menghasilkan perbaikan kehidupan masyarakat. Praktek KKN dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pelayanan publik masih terus berlangsung. Keinginan masyarakat untuk menikmati pelayanan publik yang efisien, responsif, dan akuntabel masih amat jauh dari kenyataan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan manajemen kinerja pemerintah daerah di Kabupaten Solok dalam mewujudkan pelayanan prima. Selanjutnya penelitian ini bertujuan merumuskan strategi yang tepat untuk memperbaiki manjemen pelayanan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan pelayanan prima. Melalui penelitian deskriptif survey dikumpulkan data sekunder berupa dokumen dan data primer diperoleh melalui observasi/pengamatan, kuesioner dan wawancara di lima SKPD di Kabupaten Solok Penelitian ini menemukan bahwa pada dasarnya pemerintah daerah Kabupaten Solok telah melaksanakan berbagai upaya perbaikan manajemen pelayanan untuk mewujudkan pelayanan yang lebih cepat, tepat, manusiawi, murah, tidak diskriminatif, dan transparan. Secara umum kualitas pelayanan di daerah ini telah mengalami perbaikan sejak diberlakukan otonomi daerah. Namun, upaya-upaya perbaikan yang telah ditempuh oleh pemerintah daerah tersebut nampaknya belum optimal. Hal ini berakibat tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan umum berdasarkan indeks kepuasan masyarakat hampir seluruh indikator penilaian menunjukkan kategori sedang. Reformasi manajemen pelayanan pemerintah daerah melalui penerapan elemen-elemen new public management belum dilakukan secara sistemik dan masih ditemukan banyak kelemahan. Kebanyakan aparatur penyelenggara pelayanan publik di lingkungan pemerintahan daerah Kabupaten Solok tidak tergerak melakukan pembaharuan pelayanan karena paradigma pelayanan publik yang baru belum dipahami dan dilaksanakan secara baik. Banyak visi dan misi organisasi pelayanan belum dihayati sehingga belum mampu menggerakkan organisasi dalam mencapai tujuan. Kata kunci: Manajemen publik, pelayanan publik, manajemen kinerja,
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) |
Unit atau Lembaga: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara |
Depositing User: | SSi Santi Ariningsih |
Date Deposited: | 25 May 2010 02:18 |
Last Modified: | 25 May 2010 02:18 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/805 |
Actions (login required)
View Item |