Repository Universitas Andalas

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PENGIRIMAN BARANG MELALUI PERWAKILAN PT. ANTAREJA PRIMA ANTARAN DOMESTIC EXPRESS (RPX) CABANG PEKANBARU

Syastra, Hendra (2008) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PENGIRIMAN BARANG MELALUI PERWAKILAN PT. ANTAREJA PRIMA ANTARAN DOMESTIC EXPRESS (RPX) CABANG PEKANBARU. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PENGIRIMAN BARANG MELALUI PERWAKILAN PT. ANTAREJA PRIMA ANTARAN DOMESTIC EXPRESS (RPX) CABANG PEKANBARU) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (634Kb) | Preview

Abstract

Kemajuan telekomunikasi dan informasi telah memperluas arus transaksi barang dan jasa yang berimplikasi pada kedudukan pelaku usaha dan konsumen menjadi tidak seimbang, dimana pelaku usaha berlindung di balik perjanjian standar yang mereka tawarkan pada konsumen. Oleh karena itu konsumen akan dihadapkan pada dua pilihan yaitu menyetujui atau menolak (take it or leave it) perjanjian tersebut. Untuk itu perlu adanya perlindungan atau jaminan hukum yang lebih tegas atau pasti terhadap konsumen. Yang menjadi permasalahan dalam sknpsi ini adalah bagaimana perlindungan hukum bagi konsumen pemakai jasa pengiriman barang dan kendala dalam perlindungan hukum tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode pendekatan yuridis sosiologis artinya pendekatan masalah dengan melihat atau mempelajari norma hukum yang berlaku dan menghubungkan dengan fakta yang ada dalam masyarakat. Adapun jenis dan sumber data yang penulis gunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer didapat melalui teknik wawancara dan studi kepustakaan. Kemudian data tersebut dianalisa secara kualitatif yaitu menguraikan data yang bukan berupa angka-angka. Dari hasil penelitian vang dilakukan maka PT. RPX Domestik Expres dalam menyelenggarakan jasanya sebagai perusahaan pengiriman barang secara cepat (exspres) juga menerapkan perjanjian standar. Dalam perjanjian pengiriman barang perusahaan ini telah memperhatikan kepentingan konsumen baik secara fisik, sosial, ekonomi dan hukum. Perlindungan yang diberikan tersebut berdasarkan pada Keputusan Direktur Jenderal Pos dan Telekomunikasi No. 108/ DIRJEN/ 1994 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pengusahaan Jasa Titipan dan Keputusan Menter Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi Nomor : KM. 38/ PT. 102/ MPPT - 94 tentang pengusahaan Jasa Titipan yaitu bahwa pihak perusahaan memberi perlindungan dalam bentuk memberikan ganti rugi kepada pengirim atas keterlambatan, hilang atau rusaknya sebagian atau seluruh isi kiriman sesuai dengan jenis pelayanan yang dipilih. Dan untuk barang kiriman yang nilainya lebih dari 10 kali biaya kiriman maka akan diasuransikan serta diberi hak untuk mengajukan tuntutan. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa PT. RPX Domestik Exspres sudah memberikan perlindungan terhadap konsumen dengan cukup baik, namun dalam pelaksanaannya masih terdapat pengalihan tanggung jawab perusahaan atau kerugian yang dialami konsumen, serta pihak perusahaan tidak mencantumkan secara tertulis tentang semua hak yang akan didapat konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 05 Apr 2011 01:54
Last Modified: 11 Oct 2011 04:38
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10094

Actions (login required)

View Item View Item