Repository Universitas Andalas

Pengontrolan Kecepatan Putaran Motor Menggunakan Layar Sentuh XGT XP30 TTA Berbasis PLC XGB XBM DR16S

Kaflis, Reza Yuanda (2008) Pengontrolan Kecepatan Putaran Motor Menggunakan Layar Sentuh XGT XP30 TTA Berbasis PLC XGB XBM DR16S. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Pengontrolan Kecepatan Putaran Motor Menggunakan Layar Sentuh XGT XP30 TTA Berbasis PLC XGB XBM DR16S) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (254Kb) | Preview

Abstract

Pada Pengontrolan Kecepatan putaran motor ini, Layar sentuh digunakan sebagai pengganti saklar-saklar mekanik untuk alat input data dan PLC adalah sebagai pengontrolny4 data yang dikirim ke PLC adalah data digital yang dikirim melalui komunikasi serial RS-485. PLC yang digunakan adalah PLC )(BG xBM DRl6s dengan modul tambahan XBF DV04A sebagai DAC (Digital To Analog Converter) sedangakan layar sentuh yang digunakan adalah XGT XP30 TTA series, ketiga perangkat teisebut adalah produk dari LS industrial System. Data yang dikirim oleh layar sentuh adalah informasi untuk mengaktifkan relay-relay yang ada pada PLC. Yang sebelumny alamatnyatelah disesuaikin dalam program. Dengan mengaktifkan relay yang ditetapkan maka dalam program pLC akan mengirimkan data digital 04000 desimal ke DAC untuk dikonversi menjadi data analog 0-5V DC. Data analog yang dihasilkan oleh DAC ini, nantinya akan dibandingkan dengan sinyal gigi gergaji yang dihasilkan oleh rangkaian Line syncronous ramp Senrator. Kedua sinyal tersebut akan dibandingkan oleh rangkaian komparator yang akan menghasilkan lebar pulsa PWM (Putse Width Modulation). SinyaipWM akan mempengaruhi kecepatan putaran motor pada rangkaian driver motor. Kata kunci : PLC, DAC, Layar Sentuh, PWM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:33
Last Modified: 04 Oct 2011 09:04
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10853

Actions (login required)

View Item View Item