Repository Universitas Andalas

Pemanfaatan Onggok yang Diperkaya dengan Protein Tepung Telur Dalam Pembuatan Rasi Instan Bergizi

Sukma, Ade (2008) Pemanfaatan Onggok yang Diperkaya dengan Protein Tepung Telur Dalam Pembuatan Rasi Instan Bergizi. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Pemanfaatan Onggok yang Diperkaya dengan Protein Tepung Telur Dalam Pembuatan Rasi Instan Bergizi) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (535Kb) | Preview

Abstract

Onggok selama ini dikenal sebagai limbah dari industri tepung tapioka yang memiliki nilai gizi tinggi tetapi nilai ekonomis yang masih rendah dan belum dimanfaatkan secara maksimal. Dilihat dari zat gizi yang terkandung dalam 100 gr onggok memiliki jumlah energi 359 Kkal, protein 1,4%, lemak 0,9% dan karbohidrat 86,5%. Dibandingkan dengan beras yang setiap 100 gr mengandung energi sebesar 360 Kkal, protein 6,8%, lemak 0,7% dan karbohidrat 78,9%. Selain itu singkong sebagai bahan baku onggok memiliki kandungan berbagai zat penting lain untuk tubuh seperti kalsium, fosfor, zat besi vitamin B dan C serta amilum. Onggok yang sudah dimodifikasi dapat dimanfaatkan sebagai pangan darurat. Selama ini bahan pangan darurat yang digunakan masih bergantung kepada beras dan mi instant. Salah satu modifikasi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan nilai gizinya adalah dengan penambahan tepung telur sehingga mencukupi kandungan nutrisi minimal yang sudah ditetapkan oleh Direktorat Bina Gizi Masyarakat senilai kandungan kalori minimum 2200 Kkal, 40 gr lemak dan 50 gr protein/ orang/ hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan formulasi rasi instant bergizi yang diterima secara organoleptik serta dapat disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Agronomi
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 13 May 2011 07:21
Last Modified: 10 Oct 2011 09:03
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12765

Actions (login required)

View Item View Item