Repository Universitas Andalas

PENILAIAN KINERJA KOPERASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi Kasus: Kantor Pegawai Negeri Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat)

Pratiwi, Dian (2008) PENILAIAN KINERJA KOPERASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi Kasus: Kantor Pegawai Negeri Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat). Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PENILAIAN KINERJA KOPERASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi Kasus: Kantor Pegawai Negeri Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (581Kb) | Preview

Abstract

Penilaian kinerja adalah tindakan penilaian yqng dilakukon terhadap berbagai aktivitas dalam rantai nilai yang ada pada suatu organisasi. Hasil penilaian tersebut kemudiun digunakan sebagai umpan balik yang akan memberikan informasi tentang prestasi pelaksanaan suatu rencana dan titik di mana organisasi memerlukan penyesuaian-penyesuaian atqs aktivilas perencanaan dan pengendolian. Koperasi pegawai negeri sebagai salah satu jenis koperasi di Indanesia, memegang peranan penting dalam perekonomian masyarakat. Pembangunan koperasi perlu diqrahkan, sehingga koperasi semakin berperan dalam perekonomian nasional. KP-RI Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat merupakan solah satu koperasi simpan pinjam yang diperuntukkan bagi pegawai negri. Penilaian KP-M Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat selama ini harrya menggunakan metode korwensional yqng sebotas penilaian kinerja dari segi finansial. Padahal ularan finansial tersebut belum mompu mencerminkan kompleksitas dan nilai yang melekat dalam organisasi bisnis. Oleh karena itu diperlukan suatu penilaian kinerja pada koperasi secara menyeluruh. yaitu penilaian kinerja yang tidak hanyo mengukur kinerja finansial saja akan tetapi jugq mqmpu menggambarkan kondisi koperasi secara lengkap dan jelas. Penelitiqn ini dilakukan dengan menggunakan metode Balanced Scorecard Karenu metode Balanced Scorecard mengulatr kinerja dari empat perspektif yaitu financial, internal business process, customer satisfaction, serta learning and growth. Tahap penelitian ini yaitu dimulai dari studi pendahuluan, studi literatur, perumuson masalah, pemilihan metode, pengumpulan data, penilaian kinerja, penetuan prioritas indikotor kinerja, analisis, dan mengambil lresimpulan. Sedangkan penilaian kinerja terdiri dari penentuan tujuan-tujuan strategik, pembuatan Strategy Map, penentuan Key Perfomance Indicators (KPI), penilaian indikator, penetuan prioritas indikator dengan AHP.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 08 Jun 2011 03:00
Last Modified: 10 Oct 2011 04:14
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14449

Actions (login required)

View Item View Item