Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN ASURANSI SOSIAL KECELAKAAN PENUMPANG OLEH PT.JASA RAHARJA TERHADAP PENGGUNA JASA CV. KURNIA INDAH TRAVEL

Saputri, Suciana R (2010) PELAKSANAAN ASURANSI SOSIAL KECELAKAAN PENUMPANG OLEH PT.JASA RAHARJA TERHADAP PENGGUNA JASA CV. KURNIA INDAH TRAVEL. Other thesis, Fakultas Hukum..

[img]
Preview
PDF (PELAKSANAAN ASURANSI SOSIAL KECELAKAAN PENUMPANG OLEH PT.JASA RAHARJA TERHADAP PENGGUNA JASA CV. KURNIA INDAH TRAVEL) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (670Kb) | Preview

Abstract

Transportasi merupakan suatu sarana untuk melakukan perpindahan dari suatu tempat ke tempat lainnya" transportasi ini disebut juga dengan pengangkutan. Dalam proses pengangkutan ini kadang terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti halnya kecelakaan. Oleh sebab itu pmerintah dengan kewenangan yuridisnya mengeluarkan Undang-Undang No. 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dan Undang-Undang no. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pasal 188 dan 189 UU No. 22 tahun 2009 mewajibkan para pelaku usatra angkutan umum menganti kerugian yarg diderita oleh penumpang, tanggung jawab ini dalam benfuk pengasuransian. Pengasurasian kendaraan bermotor ini dimaksudkan untuk perlindnngan bag masyarakat yang tenderita kerugian sebagai akibat dari kelalaian pengemudi dalam mengemudikan kendaraan, maupun karena peristiwa tak tentu seperti kecelakaan, sehingga masyarakat terjamin haknya. Pemerintah dengan kewenangan yuridisnya mewajibakan setiap pengusaha angkutan untuk menjaminkan penguna jasanya yaitu dalarrr bentu pertanggungan atau asuransi, yang mana dalam hal ini pemerintah telah menetapkan perusahaan asuransi tertentu yaitu PT. Jasa raharja (persero). Rumusan masalatr penulisan skripsi ini yaitu: (1) Bagaimanakah pelaksanaan asuransi sosial kecelakaan pemrmpang oleh PT Jasa Raharja (persero) terhadap pengunajasa CV Kurnia Indah Travel. (2). Bagaimankah prosedur dan syarat-syarat dalam pengajuan klaim asuransi pada PT. Jasa Raharja (Persero). (3) Apa sajakah kendala-kendala yang dihadapi CV. Kurnia indah travel dalam pengajuan klaim asuransi dan Jasa P.aharja (Persero) dalam hal pembayaran klaim. lvletode penelitian yang digunakan adalah pendekatan yuridis sosiologis yaitu pedekatan rnasalah melalui penelitian hukum dengan melihat nonna hukum yang berlaku dan menghubungkan dengan fakta- fakta yang ada ditapangan, sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif karena penelitian ini hanya berupaya mengambarkan objek penelitian secara objektif. Penelitian ini dilakukan di PT. Jasa Raharja (Persero dan CV Kurnia Indah Travel. Pelaksanaan Asuransi sosial kecelakaan penumpang dilaksanakan oleh PT. Jasa Raharja (Persero) yang ditunjuk oleh menteri yang bersangkutan untuk menjadi penanggung apabila terjadi kecelakaan lalu lintas terhadap penumpang. Pemberian ganti kerugian atau pembayaran santunan dilakukan segera setelah semua syarat-syarat dan prosedur dilengkapi oleh pihak yang mengajukan klaim.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 08 Jun 2011 02:58
Last Modified: 08 Jun 2011 02:58
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/14501

Actions (login required)

View Item View Item