Repository Universitas Andalas

ANALISIS PENGEMBANGAN LAYANAN MEDICAL CHECK UP RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA - YARSI BUKITTINGGI

Fitri, Fachzi (2008) ANALISIS PENGEMBANGAN LAYANAN MEDICAL CHECK UP RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA - YARSI BUKITTINGGI. Masters thesis, Paca Sarjana.

[img]
Preview
PDF ( ANALISIS PENGEMBANGAN LAYANAN MEDICAL CHECK UP RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA - YARSI BUKITTINGGI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (630Kb) | Preview

Abstract

Era globalisasi menunfut pengelolaan suatu industri Rumah sakit menggunakan kaidah-kaidah ekonomi, sgar pelayanan kesehatan yang dihasilkannya lebih berdaya, berkualitas yang kompetitif tanpa melupakan masyarakat yang tidak mampu. RSI Ibnu Sina - YARSI Bukittinggi sebagai rumah sakit swasta juga memberikan pelayanan yang mendUkUng paradigma sehat (kebutuhan pelayanan preventif). Medical Check Up (MCU) merupakan serangkaian paket layanan yang sangat tepat untuk mendeteksian kesehatan masyarakat. itfCU merupakan cost center dan berpotensi sebagai unit bisnis strategis (revenue center). Layanan MCU Rumah Sakit Islam (RSD Ibnu Sina - YARSI Bukittinggi telah dilaksanakan lebih 15 tahun dan perlu dianalisa pengembangannya agar lebih kompetitif dimasa depan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui input, matching dan decission pengembangan layanan MCU RSI Ibnu Sina - YARSI Bukittinggi" Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan crossectional yang menggunakan analisis strategik, yaitu dengan intuisi terbaik (good intuitive judgement) dan menggunakan beberapa analisis terhaCap EFE dan IFE, analisis IE matrik dan TOWS matrik serta analisis QSPM matrik. Penelitian ini dilaksanakan di RSI Ibnu Sina - YARSI Bukittinggi pada bulan April sampai -Agustus tahun 2010. Hasil penelitian yang diperoleh pada tahap masukan (input stage) yaitu hasil EFE yang merupakan peluang yaitu faktor demografi, geografi, ekonomi, sosial budaya teknologi, politik dan kebijakan, sedangkan yang merupakan ancarnan yaitu faktor pemasok dan pesaing (W.R EFE 2,63). Hasil IFE yang merupakan kekuatan adalah keuangan (pendapatan) dan SDM layanan MCU, yang merupakan kelemahan adalah manajemen, penelitian, sistem intbrmasi dan pemasaran layanan MCU (W.R IFE 2,72). Pada tahap pencocokan (matching stage) diperoleh hasil analisis IE matrik pada sel IV yaitu hold and maintaint yang berisikan product development (5,39) dan market penehation (5,25) sedangkan hasil analisis TOWS matrik pada kuadran V yaitulirture quadran yang berisikan related diversification, vertical integration, market development, product development dan market penetration.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:26
Last Modified: 04 Oct 2011 02:12
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15037

Actions (login required)

View Item View Item