Repository Universitas Andalas

MENGGUNAKAN METODE LINEAR QUADRATIC REGULATOR (LQR) UNTUK MEMPERBAIKI KESTABILAN DINAMIK SISTEM TENAGA LISTRIK (APLIKASI: SISTEM PT. PLN SUMBAR RIAU).

TESSAL. , DASRINAL (2008) MENGGUNAKAN METODE LINEAR QUADRATIC REGULATOR (LQR) UNTUK MEMPERBAIKI KESTABILAN DINAMIK SISTEM TENAGA LISTRIK (APLIKASI: SISTEM PT. PLN SUMBAR RIAU). Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (MENGGUNAKAN METODE LINEAR QUADRATIC REGULATOR (LQR) UNTUK MEMPERBAIKI KESTABILAN DINAMIK SISTEM TENAGA LISTRIK (APLIKASI: SISTEM PT. PLN SUMBAR RIAU). ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (439Kb) | Preview

Abstract

Pada perenconaan dan operasi sistem tenaga listrik, kestabilan sistem adalah hal yang sangat penting terutama kestabilan dinamik. Kestabilan dinamik adalah kestabilan sistem terhadap gangguan kecil- Gangguan kecil ini berupa perubahan beban pada sisi pembangkit secara acak, pelan, dan bertingkat. Ganggaan ini mengakibatkan perubahan frekaensi yang menyebabkan kestabilan sistem berubah sehingga tidak mampu bekerja secara normal. Tujuan tugas ahhir ini mendapatkan informasi perancangan pengendali melalui simulasi untuk memperbaihi kestabilan sistem akibat perubahan beban kecil. Simulasi dilakukan pada sistem tenaga listrik Sumbar-Riau dengan menerapkan metode kontrol optimal yaitu Linear Quadratic Regulator (LQR). Metode ini digunakan mendapatkan nilai pengendali agar dapat memenuhi kriteria perancangan yang diinginkan, yaitu lewatan maksimum tidak lebih dari 5 % dan waktu menuju keadaan mantap kecil dari 4 detik. Hasil simulasi menunjukkan rancangan pengendali memenuhi kriteria pada kondisi 0,65 kali beban dasar sampai dengan 1,35 kali beban dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 03 Jul 2011 12:48
Last Modified: 04 Oct 2011 06:28
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15120

Actions (login required)

View Item View Item