Safitra, Yuni
(2014)
IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN SAYURAN ORGANIK DI KOTA PADANG.
Other thesis, Universitas Andalas.
Abstract
Salah satu manfaat yang ditawarkan oleh pertanian organik adalah unsur kesehatan karena produk organik yang minim bahan kimia. Selain itu, adanya gaya hidup sehat yang berkembang di masyarakat membuat konsumen beralih untuk mengkonsumsi produk hasil pertanian organik yang tentunya lebih sehat. Penelitian dengan judul “Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Sayuran Organik di Kota Padang” ini telah dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan September 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil konsumen sayuran organik dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen sayuran organik di Kota Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen sayuran berusia antara 46 sampai dengan 55 tahun dan sebagian besar sudah menikah/berkeluarga. Sebagian besar konsumen memiliki pendidikan terakhir di perguruan tinggi. Dalam hal pendapatan per bulan, konsumen umumnya memiliki pendapatan antara Rp 2.500.000,- sampai dengan Rp 3.500.000,-. Kebanyakan konsumen belum membeli dan mengkonsumsi sayuran organik secara rutin. Khasiat sayuran organik menjadi alasan pembelian konsumen dan mereka menganggap harga sayuran organik sesuai/pas dengan manfaatnya. Informasi mengenai produk organik diperoleh sendiri oleh konsumen. Adapun pihak yang menganjurkan dan menemani konsumen dalam membeli produk organik adalah dari pihak keluarga. Pengujian Cochran Q-Test menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen sayuran organik adalah nilai gizi sayuran organik, rasa sayuran organik, daya tahan sayuran organik, manfaat mengkonsumsi sayuran organik bagi kesehatan, kemudahan akses untuk memperoleh sayuran organik, mengikuti gaya hidup sehat, dan sertifikasi/label organik.
Actions (login required)
|
View Item |