Repository Universitas Andalas

STRATEGI PEMASARAN WORTEL (Daucus carota L.) BERSERTIFIKAT PRIMA-3 PADA KELOMPOK WANITA TANI BUNDO KANDUANG DI KOTO BARU KECAMATAN X KOTO KABUPATEN TANAH DATAR

RAHMI, KHAIRUM (2014) STRATEGI PEMASARAN WORTEL (Daucus carota L.) BERSERTIFIKAT PRIMA-3 PADA KELOMPOK WANITA TANI BUNDO KANDUANG DI KOTO BARU KECAMATAN X KOTO KABUPATEN TANAH DATAR. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (487Kb) | Preview

Abstract

STRATEGI PEMASARAN WORTEL (Daucus carota L.) BERSERTIFIKAT PRIMA-3 PADA KELOMPOK WANITA TANI BUNDO KANDUANG DI KOTO BARU KECAMATAN X KOTO KABUPATEN TANAH DATAR ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal pemasaran wortel bersrtifikat Prima-3 di Koto Baru melalui bauran pemasaran dan merumuskan strategi yang dapat diterapkan untuk memasarkan wortel Prima-3 ke pasar modern (swalayan) yang mungkin dilaksanakan, terutama oleh kelompok tani sesuai dengan kemampuannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari key informan dan petani responden. Data yang dikumpulkan dari responden-responden tersebut terdiri dari data primer dan data sekunder yang dianalisa secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Identifikasi dan analisis hasil penelitian menunjukkan pemasaran wortel Prima-3 pada KWT Bundo Kanduang memiliki posisi internal yang kuat dalam mengatasi kelemahan dengan memanfaatkan kekuatan yang ada. Kekuatan utamanya adalah telah mendapatkan sertifikat Prima-3 dan kelemahan utamanya adalah belum adanya label Prima-3 yang menyatakan bahwa wortel telah bersertifikat. Sedangkan posisi eksternalnya menunjukkan dengan potensi usaha yang ada telah mampu memanfaatkan peluang secara optimal. Peluang utamanya adalah pihak swalayan mau membeli wortel lokal dan ancaman utamanya adalah ada pesaing berupa wortel impor. Strategi utama yang harus dilakukan oleh kelompok tani dan dinas yang terkait, yaitu: a) Pembuatan label/merk Prima-3. b) Membuat kemasan yang lebih menarik. c) Gencar melakukan promosi. d) Menjalankan fungsi Sub Terminal Agribisnis (STA). Selain itu, beberapa strategi lainnya yang dapat dilakukan, yaitu: a) Menjalin hubungan kemitraan dengan pihak MD supermarket dan pengusaha besar lainnya untuk memperluas pasar. b) Meningkatkan kualitas wortel. c) Memasarkan produk pada swalayan yang belum menjual wortel impor. d) Mengoptimalisasikan penggunaan lahan kosong untuk menambah lahan wortel. Saran dari hasil penelitian ini adalah kelompok tani hendaknya dapat menjangkau wilayah pemasaran di luar pasar Koto Baru yang memiliki potensi besar guna memperluas daerah pemasaran dan meningkatkan penjualan. Untuk mendukung kegiatan usahatani yang dilakukan oleh petani diharapkan kepada pemerintah meningkatkan pembinaan secara terus-menerus serta sungguh- sungguh memonitor perkembangan usahatani wortel Prima-3. MARKETING STRATEGY OF CARROT (Daucus carota L.) CERTIFIED PRIMA-3 IN WOMEN FARMER GROUP BUNDO KANDUANG AT KOTO BARU X KOTO SUB DISTRICT TANAH DATAR DISTRICT ABSTRACT The aims of this study are to identify internal and external factors of marketing of certified carrots (Prima-3) in Koto Baru by using the marketing mix and to formulate strategies that can be applied by women farmer group Bundo Kanduang in marketing of the certified carrot to the modern market. This research using descriptive method. The data were obtained from key informants and farmer respondents which consist of primary and secondary data. Furthermore the data were analyzed using descriptive qualitative and quantitative descriptive. The finding shows that the marketing of certified carrots at women farmer group Bundo Kanduang has a strong position to overcome internal weaknesses by leveraging existing strengths. Its main strength is Prima-3 certification and its main weakness is the absence of the certified label at carrots that have been certified. Meanwhile the external position shows the potential of the existing businesses have been able to use the opportunity optimally. The main opportunity is the supermarkets willing to buy local carrots and the main threat is imported carrots. Thus the main strategy that can be applied by the women farmer group and related agencies are: a) Preparation of label/brand Prima-3. b) Creation of more attractive packaging. c) Preparation of intense promotion. d) Activation of Sub Terminal Agribusiness (STA). In addition, several alternative strategies that can be done are: a) Establish a partnership with the marketing development of supermarkets and expand the market. b) Improve the quality of carrots. c) Selling the carrots in supermarkets that have not been selling imported carrots. d) Optimize the use of vacant land to cultivate carrots. Based on the findings, it is suggested that the women farmer group should be able to expand the marketing to outside of Koto Baru in order to increase the selling. In addition the government should support the activities of the women farmer group and monitor the certified carrot farming in the research area.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: riri rima wustari
Date Deposited: 20 May 2014 06:34
Last Modified: 20 May 2014 06:34
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20222

Actions (login required)

View Item View Item